Masuk

Lesti Cabut Laporan KDRT, Komnas Perempuan: Perdamaian Merugikan Lesti Kejora

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Kisruh KDRT rumah tangga Lesti Kejora menjadikan Rizky Billar tersangka atas laporan istrinya tersebut. 

Aktor Rizky Billar sempat menjalani penahanan. Namun, selanjutnya pihak Rizky Billar mengatakan sudah berdamai dengan Lesti Kejora. 

Sepasang suami istri itu dinyatakan telah saling memaafkan. Lesti Kejora juga disebut sudah mencabut laporannya.

Baca Juga: Leslar Entertainment Bubar, Manajer Rizky Billar Buka Suara

Perihal pencabutan laporan tersebut Komnas Perempuan turut menanggapi, disebut hal itu merugikan Lesti Kejora sebagai korban KDRT.

Bahkan setelah ini, dikhawatirkan kekerasan nantinya akan dianggap masalah biasa di dalam rumah tangga.

“Terkait ajakan ‘damai’ dari RB, kami mengingatkan bahwa dalam KDRT terjadi siklus kekerasan yaitu adanya fase ketegangan, kekerasan, minta maaf, hubungan kembali membaik yang intensitasnya semakin cepat dan bentuk kekerasannya dapat memburuk. Penyelesaian secara damai dapat saja tidak menguntungkan korban (terjadi keberulangan kekerasan, dipersalahkan, diungkit-ungkit), menimbulkan impunitas kepada pelaku dan membakukan budaya bahwa kekerasan dalam rumah tangga bukan kejahatan,” kata Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi, 13 Oktober 2022. Dikutip Terkini.id dari detik.com. 

Baca Juga: Saipul Jamil Sikapi Tagar Boikot Lesti Kejora: Aneh! KPI Gak Ada Hak

Kuasa hukum dari Rizky Billar, Surya Darma, mengklaim laporan yang telah dibuat Lesti Kejora sudah dicabut.

“Iya berdamai mereka,” ujar Surya Darma di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis 13 Oktober 2022.

“Sudah dicabut, surat pencabutan sudah ditandatangani. Surat sudah dikasihkan langsung. Fisiknya sudah ada di atas,” imbuhnya.

Namun, Surya Darma tidak menjelaskan secara terperinci latar belakang dari perdamaian itu. Yang jelas keduanya sudah berdamai dan pihak Lesti Kejora sebagai pelapor sudah mencabut laporan tersebut.

Baca Juga: Komnas Perempuan dan Komnas Anak Desak Polisi untuk Lanjutkan Kasus KDRT Rizky Billar

“Itu nggak bisa saya sampaikan. Itu internal mereka, antara mereka suami istri. Kita hanya menyaksikan. Surat pencabutan tadi di depan saya, kesepakatan mereka berdua,” jelasnya.

Sedangkan dari pihak Lesti Kejora dan kepolisian belum memberikan pernyataan atau tanggapan terkait klaim ini.