Lewat Kolaborasi Multi Pihak, ABDSI Dorong Penguatan UMKM

ABDSI
Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI)

Terkini.id, Yogyakarta – Hari Nasional (Harnas) UMKM pada 12 Agustus, menjadi sarana untuk merawat dan membesarkan semangat ekonomi kerakyatan.

Hari UMKM mengambil momentum kelahiran Bapak Bangsa Dr. H. Mohammad Hatta sebagai pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wapres pertama RI sebagai peletak dasar ekonomi Kerakyatan, dilahirkan pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukit Tinggi.

Peringatan hari UMKM dimaksudkan agar lebih membangun eksistensi dan kinerja UMKM, yang akan menjadi focal event atau focal point berbagai kegiatan pengembangan UMKM.

Hari UMKM adalah “Hari Kerja”, hari peringatan meneguhkan semangat kerja kewirausahaan, semangat kerja membangun ekonomi kerakyatan dan membangun kebanggaan dan rasa percaya diri UMKM.

Dewan Pengurus Nasional (DPN) Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) sebagai wadah bagi konsultan bisnis dan pendamping UMKM se-Indonesia mendorong dan mengapresiasi peringatan hari nasional (Harnas) UMKM sebagai pengingat bagi semua stakeholders tentang pentingnya kolaborasi dalam mewujudkan UMKM menjadi tulang punggung perekonomian bangsa

Puncak peringatan Harnas UMKM tahun 2019 sendiri telah diselenggarakan melalui event Creative SME Festival 3-6 Agustus di Yogyakarta dengan serangkaian agenda antara lain Seminar Nasional, Creative Talk, Expo UKM Kreatif, Bursa Platform, Pasar Oleh-oleh Nusantara, serta berbagai lomba, pelatihan, dan kegiatan pendukung lainnya.

“DPN ABDSI memberikan apresiasi khusus kepada Kementerian koperasi dan UKM RI yang telah menerbitkan surat edaran nomor 29/SE/SM/VIII/2019 tentang Hari UMKM Nasional bertanggal 8 Agustus 2019 yang ditandatangani oleh Sekmenkop UKM RI,” ujar Ketua umum Asosiasi BDS Indonesia Cahyadi Joko Sukmono, Minggu, 11 Agustus 2019.

Peringatan Harnas UMKM tahun 2019, kata dia, selain dipusatkan di Yogyakarta, berbagai kegiatan peringatan juga digelar di berbagai kota sebelum dan sesudahnya.

“Apresiasi yang besar untuk kementerian Koperasi UKM RI yang tahun ini juga menyelenggarakan peringatan Harnas UMKM di auditorium Kemenkop bersama dengan komunitas UKM di DKI Jakarta dan sekitarnya,” ucapnya.

Pihaknya berharap melalui peringatan hari UMKM pada 12 Agustus menjadi sarana untuk merawat dan membesarkan semangat ekonomi kerakyatan.

“Karena itu, ABDSI mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam pengembangan ekonomi lokal dengan penguatan UMKM dan Koperasi. Selamat HUT RI ke 79, Selamat Hari Nasional UMKM ke 4. UMKM Kuat, Bangsa Berdaulat,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Ekonomi

Akhir Tahun, Phinisi Point Mal Bertabur Promo

Terkini.id,Makassar – Phinisi Point tidak henti memberikan menarik bagi pengunjung setianya. Salah satunya dengan menyuguhkan sejumlah promo menarik setiap bulannya. Khusus di bulan November