Lewat Poster, Mahasiswa KKN Unhas 104 Gowa Beri Edukasi Masyarakat Soal Limbah Peternakan

Terkini.id, Gowa – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk mendorong mahasiswa dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata.

Biasanya, KKN dilaksanakan dengan menerjunkan mahasiswa secara langsung untuk mengabdi di desa-desa.

Namun, pelaksanaan KKN kali ini dilakukan secara daring dengan tema “Bersatu Melawan Covid-19” dan dilaksanakan di rumah masing-masing peserta KKN berdasarkan domisili mereka.

Gowa 4 merupakan salah satu kelompok KKN yang terdiri dari 19 mahasiswa yang berasal dari domisili yang berbeda-beda. Program kerja yang dilakukan pun berbeda-beda akan tetapi tetap satu tujuan yaitu #melawancovid-19.

Mungkin Anda menyukai ini:

Nasrawati, salah satu peserta KKN Unhas Gowa 4 mengatakan bahwa di masa pandemi saat ini banyak masyarakat yang harus kehilangan pekerjaan mereka karena terjadinya PHK besar-besaran di tempat kerja yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan keluarga mereka.

Baca Juga: IKA Magister Ilmu Biomedik Pascasarjana Unhas Bantu Korban Gempa Sulbar,...

“Adapun program kerja yang saya lakukan di Desa saya, Desa Pattallikang, Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa yaitu pembagian dan pemasangan poster mengenai cara pengolahan limbah peternakan berupa feses, urin, tulang, bulu, cangkang telur, dan kulit sapi menjadi produk yang bernilai ekonomis yang nantinya poster ini akan di pasang di rumah masyarakat, masjid, dan beberapa tempat umum yang bisa dilihat oleh orang banyak,” ujarnya, Minggu, 9 Agustus 2020.

Limbah peternakan pada umumnya hanya diabaikan bahkan dibuang begitu saja yang akhirnya menimbulkan masalah berupa pencemaran lingkungan dan menimbulkan bau tidak sedap.

Mahasiswa Fakultas Peternakan Unhas ini berharap bahwa dengan adanya poster ini nantinya dapat membantu masyarakat dalam mengolah limbah peternakan menjadi produk yang bernilai ekonomis seperti pupuk organik/kompos, pupuk organik cair, dan pakan tambahan untuk ternak yang kelak bisa dijual untuk menambah perekonomian keluarga.

Baca Juga: Gubernur Sulbar Apresiasi Bantuan Logistik Sekolah Pascasarjana Unhas Untuk Korban...

“Kini saatnya kita mengubah masalah menjadi berkah,” pungkasnya.

Citizen Reporter: Nasrawati

Bagikan