Makanan Sehat dan Suplemen Pembentuk Otot

Putih Telur

Terkini.id, – Banyak orang mengikuti fitness untuk membentuk otot, selain sebagai olahraga kebugaran. Selain fitness ditunjang juga dengan suplemen pembentuk otot yang diharuskan dikonsumsi.

Suplemen fitnes ini berfungsi sebagai tambahan produk diet yang kaya akan protein yang membantu proses metabolisme, mengatur fungsi DNA dan menjadi bahan bakar otot agar bisa berkembang.

Kebutuhan protein masing-masing orang berbeda tergantung dari berat badan dan tinggi badan. Namun studi dari Harvard Medical Scholl mengemukakan bahwa orang dewasa butuh 0,8 gram protein untuk tiap satu kilogram berat badan. Semisal berat badanmu 60 kg maka kebutuhan proteinmu adalah 48 gram sehari.

Makanan Sehat Pembentuk Otot
Selain olahraga dan minum suplemen pembentuk otot, ada makanan yang bisa membantumu membentuk otot. Pastinya jauh lebih murah ketimbang mengonsumsi suplemen fitness.

Berikut daftar makanan yang bisa membentuk otot

1. Putih Telur Rebus
Putih telur kaya akan protein. Mendapatkan putih telur dengan jumlah yang banyak bisa dibeli di supermarket atau toko- toko yang menyediakan putih telur. Harga perkilogram cukup murah dibawah Rp 20.000 dan sudah mendapatkan kadar protein sebesar kurang lebih 94,35 gram.

2. Dada Ayam

Dada Ayam

Mengonsumsi dada ayam bisa membentuk otot dengan baik. Dalam dada ayam bakar utuh bisa mendapatkan asupan protein sebesar 25,01 gram. Harga dada ayam juga termasuk murah per 100 gram mungkin hanya berkisar Rp 6500-7500.-

3. Daging Sapi Sirloin atau Tenderloin

Daging Sapi Tenderloin (has dalam)

Dalam daging sapi kaya akan protein hewani, dalam daging sirloin 100 gram kadar proteinnya mencapai 22,27 gram, sedangkan daging tenderloin 100 gram bisa mencapai 27 gram. Harga daging sapi perkilogram mencapai 120rb.

Suplemen Pembentuk Otot
Suplemen pembentuk otot yang umumnya dikonsumsi oleh para pria yang ingin memiliki badan kekar antara lain :

1. Whey Protein

Whey Protein

Suplemen ini merupakan suplemen utama dalam fitness. Bahan suplemen ini berasal dari susu sapi yang diolah menjadi bubuk berprotein tinggi.

Selain itu di dalamnya telah ditambahkan zat-zat lain yang menambah khasiat untuk membentuk otot seperti asam amino esensial untuk memperbaiki otot yang rusak dan carnitine untuk mempermudah pembakaran lemak.

Untuk mengonsumsi suplemen ini sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau instruktur fitness.

Harga Whey Protein mencapai Rp 600ribuan untuk kemasan 1,2 kg berlaku untuk 50 penyajian dengan kandungan protein persekali penyajian mencapai 25 gram.

2. Creatine

Creatine

Kalau yang ini bukan protein, tapi fungsinya untuk menambah performa, sekaligus massa otot. Bentuknya adalah serbuk dan cara minumnya dicampur dengan air. Untuk yang kemasannya 300 gram, harganya Rp 190 ribuan.

3. Asam amino

Amino

Asam amino memegang pereanan penting untuk memperbaiki sel otot. Harga perkapsul untuk suplemen ini berkisar Rp 200 ribuan untuk 100 tablet atau satu tablet sekitar Rp 2000.

Suplemen Fitness atau Makanan Sehat?
Setelah mengetahui harga suplemen dan harga daging untuk makanan sehat , mana yang mau dipilih?
Protein dari makanan sehat seperti putih telur dan dada ayam utuh jika dikonsumsi dalam sebulan harganya berbeda hampir setengah harga lebih murah dari harga suplemen fitness.

Perbandingan Memilih Konsumsi Suplemen Fitnes
Jika Anda memilih mengonsumsi whey protein kemasan 3 Lb seharga Rp 600.000.Ini bisa dikonsumsi hingga 12 minggu atau tiga bulan.
Melengkapi asupan protein perlu juga mengonsumsi 1 kg putih telur setiap hari dengan harga perkg Rp 13.000. Perhitungan untuk beli putih telur selama tiga bulan Rp 13000×90 hari=Rp 1.170.000.

Selain itu perlu juga mengonsumsi air distilasi yang bebas polutan dan tidak mengandung mineral anorganik selama latihan di gym. Air ini berfungsi mereduksi zat kimia dalam suplemen latihan.

Untuk hitungannya harga air distilasi ukuran ½ liter Rp 4000. Mengonsumsi sekali latihan sekitar 3 liter. Jadi jika sebulan 16 kali latihan berarti dalam jangka waktu tiga bulan latihan 48 kali. Total pengeluaran selama tiga bulan khusus air distilasi Rp 24.000×48=Rp 1.152.000.

Selain itu latihan di gym juga butuh dana untuk pendaftaran membership yang harganya beragam tergantung tempat gymnya.

Jika diperkirakan total pengeluaran untuk mengonsumsi suplemen fitness selama tiga bulan untuk membeli whey protein, putih telur dan air distilasi = Rp 600.000+1.170.000+1.152.000= Rp 2.922.000 atau Rp 974.000 perbulan.

Jika dibandingkan dengan mengonsumsi makanan sehat yang hanya sekitar Rp 585rb-600.000 per bulan itu berarti jauh lebih murah dibanding suplemen fitnes.

Berita Terkait
Komentar
Terkini