Masuk

Maruf Amin Minta Kompolnas Jangan Dibubarkan, Sebut Perlu Dipertahankan dan Diperkuat

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Wakil Presiden Maruf Amin menyatakan pendapat mengenai pembubaran Kompolnas.

Dalam hal ini, Maruf Amin menyampaikan jika membubarkan Kompolnas bukanlah jalan terbaik, namun menurutnya, Kompolnas seharusnya dipertahankan dan diperkuat.

Hal ini disampaikan Maruf Amin karena menurutnya, jika Kompolnas dipertahankan, maka akan menjadi kekuatan bagi Polri dan juga kontrol yang baik.

Baca Juga: Bupati Wajo Sambut Kedatangan Wapres RI Dalam Rangka Pembukaan Muktamar As’adiyah XV

“Saya kira Kompolnas bukan dibubarkan, diperkuat perannya supaya bisa memberikan, mengontrol dengan baik, bisa memberikan arahan-arahan sehingga justru memperkuat peran Polri, jadi bukan justru dibubarkan,” ujar Maruf Amin, dikutip dari laman Detik.com, Selasa 23 Agustus 2022.

“Karena misalkan ada peran yang kurang baik, ya dibesarkan, dioptimalkan supaya bisa memberikan kontrol pengaruh, saran sehingga posisi Polri itu jadi lebih kuat, jadi buat saya harus dipertahankan dan diperkuat,” ucapnya.

Sebelumnya, eksistensi Kompolnas panas diperdebatkan saat Menko Polhukam yang juga Ketua Kompolnas Mahfud Md rapat dengan Komisi III DPR RI, Senin 22 Agustus 2022,  kemarin. Saat itu Mahfud dicecar soal tugas Kompolnas.

Baca Juga: Sengketa Tanah Marak Terjadi, Mahfud MD: Selesaikan Melalui Jalur Non Litigasi

Mahfud dicecar soal kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa mempertanyakan soal eksistensi Kompolnas.

“Persoalannya adalah pada saat salah seorang anggota Kompolnas cuma jadi PR saja atas keterangan Polres Jaksel ternyata itu salah. Ini kan luar biasa, luar biasa inilah dalam catatan sebenarnya Kompolnas ini perlu nggak?” ujar Desmond.

Mengenai eksistensi Kompolnas, Mahfud MD lantas menyerahkan semuanya kepada DPR RI karena yang membuat Kompolnas adalah DPR RI.

“Oh terserah Bapak. Kan yang buat Kompolnas ada ini kan DPR yang buat. Kalau mau dibubarkan bubarkan aja,” tutur Mahfud.

Baca Juga: Viral Pelajar Tendang Nenek di Tapsel, Mahfud MD Kesal: Anak-anak Itu Sangat Biadab

“Kalau menurut saya kalau kapasitasnya cuma jadi juru bicara seperti itu ya nggak perlu ada Kompolnas,” ucap Desmond.