Masuk

Ma’ruf Amin: Saya Disuruh Belok Sama Jokowi jadi Wapres RI

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin belum lama ini membuat sebuah pengakuan terkait jabatannya sebagai Wapres RI.

Ma’ruf Amin mengaku jika pada awalnya dia hanya ingin berkarir sebagai ulama saja mengikuti jejak ulama-ulama terdahulu yang menjadi penutannya. Namun dia diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk berbelok arah menjadi Wapres mendapingi Jokowi di periode keduanya ini.

Wapres Ma’ruf Amin juga menyampaikan jika dirinya pernah menjabat sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengikuti jejak ulama.

Baca Juga: Heboh, Pernyataan Jokowi Seputar Pemimpin Rambut Putih, Denny Siregar: Bukan Ganjar, Bapak Rambutnya Hitam

Namun, ditengah karirnya sebagai pimpinan MUI, Ma’ruf Amin diminta untuk masuk di lingkungan politik dengan Amanah sebagai Wakil Presiden.

“Saya mengikuti jejak beliau (KH Sahal Mahfudh) jadi beliau itu Rais Aam merangkap ketua MUI dan saya mengikuti beliau sebagai Rais Aam dan juga ketum MUI tapi saya disuruh beluk oleh pak Jokowi menjadi Wapres RI”, kata Ma’ruf Amin seperti dikutip dari Antara, Sabtu 24 September 2022.

Pengakuan Ma’ruf Amin ini disampaikan pada saat peresmian Masjid Raya Baiturrahman dan Gedung MUI Jawa Tengah Sahal Mahfudh.

Baca Juga: Dewan Pers Minta Presiden Jokowi Tunda Pengesahan RKUHP

Peresmian Masjid Raya Baiturrahman dan Gedung MUI Jawa Tengah Sahal Mahfudh ini selain dihadiri oleh Wapres Ma’ruf Amin, juga dihadiri oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, wakil ketua MUI Jawa Tengah, Ahmad Darodji dan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen.

Ma’ruf Amin lantas mengatakan jika KH Sahal Mahfudh itu adalah sosok panutan yang wajib dijadikan telana sehingga Namanya diabadikan dengan sebuah Masjid.

KH Sahal Mahfud diketahui adalah ketua MUI pada periode 2000-2014 dan juga pernah menjabat sebagai Rais Aam Syuriah PBNU tahun 1999-2014.

“Jadi memang pantas beliau KH Sahal Mahfudh dicantumkan Namanya karena beliau selain memang patut dicontoh, patut dijadikan teladan dan patut juga pandangan-pandangannya dijadikan panutan”, kata Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Harapan Jokowi dalam Acara Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah

“Tapi juga ditempel dan itu menjadi tradisi umat Islam untuk meletakkan nama-nama di monument-monumen agar senantiasa memberikan inspirasi kepada kita semua”, sambungnya.

Seperti diketahui, Wapres Ma’ruf Amin terpilih menjadi Wakil Presiden RI mendampingi Presiden Jokowi di periode kedua Jokowi tahun 2019-2024.

Sebelum masuk di lingkaran politik, Ma’ruf Amin sebelumnya mengemban Amanah senagai pimpinan MUI hingga pada akhirnya memenuhi permintaan Jokowi untuk menjadi Wapresnya.