Masih di Luar Negeri, Begini Intruksi Pj Wali Kota Makassar Soal Kebakaran TPA Antang

SKPD Makassar bagi-bagi masker

Terkini.id,Makassar – Kebakaran kembali melanda sejumlah titik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kelurahan Tamangngapa Antang Kecamatan Manggala kota Makassar, Sulawesi Selatan  sejak Minggu 15 September 2019 lalu. Diketahui, peristiwa kebakaran pertama terjadi pada Minggu 15 September 2019 lalu pukul 13:30 Wita.

Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb saat ini dikabarkan masih berada di luar negeri. Namun dari luar negeri, Iqbal menginstruksikan kepada Pimpinan SKPD, Camat, dan Lurah se-Makassar untuk membagikan masker kepada masyarakat yang terdampak asap atas terbakarnya TPA sampah Antang.

Ia juga menghimbau kepada pihak swasta agar terlibat aktif dalam penanggulangan dampak terbakarnya TPA Antang dengan ikut membagikan masker kepada masyarakat.

“Asap dari TPA Antang menyebar hingga ke kota Makassar, utamanya pada subuh menjelang pagi hari karena tertiup angin,” ucap Iqbal, Selasa 17 September 2019.

Pembagian masker kata dia, untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan pasca terbakarnya TPA Antang, misalnya keluhan pada fungsi saluran pernafasan.

Dari pantauan Humas, pagi tadi di Jalan Boulevard sejumlah staf dari kelurahan Masale, kecamatan Panakkukang membagikan masker kepada pengguna jalan. Pun demikian dengan staf dari kelurahan Ballaparang, kecamatan Rappocini yang juga turun ke jalan A P Petta Rani membagikan masker ke pengguna jalan.

Meski masih berada di negeri Kanguru memenuhi undangan pemerintah Australia, Iqbal Suhaeb tetap memantau penanganan kebakaran TPA Antang dan dampaknya.

Ia mengingatkan warga yang terdampak asap TPA Antang untuk menggunakan masker, minum banyak air putih, dan mengurangi berada di luar rumah jika tak ada keperluan yang mendesak terlebih menjauhi TPA Antang jika tidak berkepentingan berada di sana.

“Utamanya orang tua, awasi anak – anak jangan sampai mendekati area TPA Antang,” pesan Iqbal.

Apresiasi khusus dilayangkan Iqbal Suhaeb kepada pimpinan SKPD beserta jajarannya yang telah menunjukkan dedikasi, loyalitas, dan tanggung jawab profesinya dalam menangani musibah ini.

Berita Terkait