Mendag RI: Inovasi Gubernur Sulsel Patut Diacungi Jempol

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Agus Suparmanto

Terkini.id — Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia, Agus Suparmanto mengapresiasi atas semua inovasi yang diciptakan oleh Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah selama memimpin Sulsel.

“Ya memang terus terang pak gubernur ini patut dibanggakan karena orangnya kreatif. Saya baru bertemu dan sudah melihat banyak inovasi-inovasinya, beliau patut di acungi jempol,” ungkap Mendag RI Agus Suparmanto dalam sambutannya pada pelepasan ekpor 18 Komoditi ke tujuan Negara Asia, di Pelabuhan Makassar, Rabu 20 November 2019.

Menurut Agus Suparmanto, saat ini ekspor Indonesia memang masih ditopang komoditi primer, untuk itu perlu dilakukan transformasi ke industri manufaktur yang memiliki nilai tambah.

Terlebih sektor industri manufaktur merupakan aset andalan pembangunan nasional, selain memiliki kontribusi terhadap keperluan domestik juga memiliki peran penting dalam menciptakan lapangan pekerjaan, tentunya membantu mengurangi angka pengangguran.

“Saya juga melaksanakan visi dan misi pak presiden. Jadi kementrian ini ingin melaksanakan visi dan misi bapak presiden dalam hal berbagi dalam peningkatan khususnya perdagangan. Kementerian perdagangan ini berkomitmen untuk terus mendukung investasi dan pertumbuhan industri dalam negeri, salah satunya melakukan sintrifikasi aturan kebijakan yang mendorong ekspor dan ini juga Insyaallah masuk ke agenda 100 hari saya,” jelasnya.

Jadi lanjutnya, kebijakan-kebijakan Mendag RI Agus Suparmanto yang berkaitan dengan penghambat ekspor serta menyulitkan bagi importir akan dilakukan evaluasi.

“Konsentrasi akhirnya ini adalah nantinya untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dalam mewujudkan hal tersebut, tetap diperlukan peran pemerintah pusat maupun daerah, diantaranya bersinergi untuk mendorong ekspor dan investasi sebagaimana yang dikatakan oleh bapak presiden,”

“Saya banggakan upaya pemerintah untuk terus mendorong ekspor ini melalui rute langsung atau dari kalau atau dimaksud efisiensi logistik dari segi waktu maupun biaya dengan menyediakan port or transit,” pungkasnya.

Apalagi seperti efisiensi waktu dan biaya otomatis juga nanti dikontrak dan pembayaran juga lebih cepat, dan hal ini juga menguntungkan bagi pelaku usaha.

“Pelaku usaha ingin barangnya dibayar cepat, ini salah satu saya rasa sangat positif sekali yang dilakukan bapak gubernur,” tutupnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bantaeng

Pelabuhan Ekspor Akan Dibangun di Bantaeng

Terkini.id -- Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah membeberkan, akan dibangun pelabuhan ekspor di Kabupaten Bantaeng.Hal itu disampaikan Nurdin Abdullah ketika memberikan sambutan pada