Mengalahkan Kesetiaan Manusia, Ini 8 Hewan Paling Setia di Dunia

Terkini.id, Makassar – Jika kita merasa ada yang lebih setia dari manusia, ternyata perkiraan kita selama ini keliru. Pasalnya selain manusia ternyata ada hewan yang juga setia terhadap pasangannya, bahkan mengalahkan kesetian manusia.

Padahal kita sering beranggapan, jika hewan bukanlah mahluk yang setia. Wajar saja karena mereka gak memiliki akal.

Akan tetapi, lagi-lagi alam mengejutkan kita. Nyatanya, ada hewan yang setia dengan pasangannya.

Bahkan, ada yang hanya memiliki satu untuk seumur hidup mereka. Hewan-hewan apa sajakah? Dilansir dari Animal Wised, berikut di antaranya:

1. Angsa (Cygnus), hewan yang hanya punya satu pasangan seumur hidup mereka.

Menarik untuk Anda:

Angsa adalah binatang yang hidup berpasangan. Pada musim dingin, mereka mencari pasangan yang potensial. Lalu, angsa akan berenang mendekat satu sama lain dan melakukan gerakan leher khasnya.

Setelah bertelur, sang betina akan merawatnya dan sang jantan akan menggantikan sesekali. Mereka membangun hubungan jangka panjang dengan pasangan mereka. Bahkan, setelah pasangannya mati, mereka gak akan pernah mencari pasangan lain lagi.

2. Berang-berang (Castor), hewan monogami yang akan setia sampai pasangannya mati.

Bahkan, saat menjadi orangtua, berang-berang akan bersama-sama memelihara sarang, membuat lubang besar dan saling mendukung untuk bertahan hidup. Ketika anak berang-berang beranjak dewasa, mereka akan meninggalkan koloni untuk membentuk koloni yang baru.

Namun, saat ada yang kekurangan makanan, berang-berang akan tetap bersama keluarga mereka sampai mereka lebih banyak. Bahkan, saat mencari makan sendiri, berang-berang gak bergerak jauh dari orangtua mereka ketika membangun koloni baru.

3. Burung parkit (Melopsittacus undulatus), saat pasangannya mati dia akan berduka dan bersedih hati.

Burung parkit adalah hewan sosial yang bisa merasa sedih dan kesepian saat gak punya teman. Itu sebabnya, burung parkit adalah salah satu hewan paling setia bagi pasangan mereka. Mereka membutuhkan pasangan dalam sangkar mereka untuk bisa bahagia.

Bahkan, setelah berkenalan, mereka gak akan meninggalkan satu sama lain. Kematian seorang teman atau pasangan adalah hal yang menyakitkan bagi parkit. Mereka bisa menderita akibat gangguan kecemasan yang luar biasa.

4. Penguin jambul kuning (Eudyptes), setiap musim panas mereka akan pulang ke tempat mereka dilahirkan dan menemukan pasangan seumur hidup mereka.

Setelah menemukan pasangan, mereka akan pulang ke tempat terakhir mereka membuat sarang. Faktanya, penguin jambul kuning bisa sangat agresif saat melihat penguin lain mencoba merayu pasangan mereka.

5. Siamang (Hylobatidae), hewan yang membangun ikatan seumur hidup satu sama lain.

Bagi mereka, berpasangan mengoptimalkan sumber makanan dan menghemat energi untuk melindungi wilayah mereka. Mereka menghabiskan hari-hari mereka bersama, berbagi makanan dan merawat anak-anak mereka.

6. Serigala abu-abu (Canis lupus), pasangan setia yang rela mempertaruhkan nyawa.

Serigala abu-abu hidup berkelompok dan sangat setia kepada pasangan mereka. Mereka pun rela mati demi menjaga anak-anak mereka.

7. Ikan bidadari prancis (Pomacanthus paru), ikan laut yang terkenal setia dengan pasangannya.

Meskipun mereka gak peduli dengan telur mereka setelah menetas, pasangan ikan ini akan hidup bersama selamanya. Mereka pun saling melindungi dari serangan ikan lain. Bahkan di dalam tangki ikan sekalipun, mereka tetap akan mempertahankan peran teritorial ini.

8. Burung hantu (Strigiformes), burung setia dan sangat protektif

Burung hantu adalah burung yang setia bagi pasangannya,. Gak hanya di musim kawin, namun sepanjang tahun. Pasangan burung hantu akan bekerja sama merawat dan memberi makan anak-anak mereka.

Burung hantu juga sangat protektif. Bahkan sang betina rela bertaruh nyawa demi melindungi anak-anak mereka, meskipun lawannya berukuran dua hingga tiga kali lipat dari ukurannya.

Itu tadi hewan paling setia di dunia. Kesetiaan dan pengorbanan mereka pantas untuk diteladani. Dari pasangan yang ada, mana yang jadi favoritmu? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Trauma Naik Pesawat Terbang? Coba Tips Ini untuk Mengatasinya

Memilukan, Ini Kisah Seniman, Biduan Dagang Sosis Hingga Diceraikan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar