Mengapa Ide Brilian Kerap Muncul Saat di Toilet, Ini Jawaban Para Peneliti

Toilet
Ilustrasi ide brilian muncul di toilet. (Foto: hipwee)

Terkini.id – Ide brilian seringkali muncul saat kita sedang menikmati berada di kamar mandi (toilet). Tak hanya saat mandi, ide-ide yang bisa menyelesaikan masalah ini bahkan bisa muncul saat buang air besar.

Mengapa hal demikian bisa terjadi? Meskipun unik, namun para ahli punya penjelasannya sendiri mengenai hal tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa 72 persen orang mendapatkan ide terbaiknya saat melakukan aktifitasnya secara mandiri.

Saat berada di kamar mandi, kita bisa berpikir dengan lebih jernih, lebih runtut, dan memahami masalah dengan lebih baik sehingga tercetuslah ide-ide brilian yang bisa menjadi solusi akan berbagai hal yang sedang kita hadapi.

Jawaban para peneliti

Toilet
Ilustrasi berpikir di toilet. (Foto: woop)

Menurut Co-founder dan COO Buffer, Leo Widrich menegaskan bahwa perpaduan antara perasaan senang, rileks, dan distraksi ringan dapat mengusik ide kreatif dari alam bawah sadar otak kita.

Leo Widrich menyebutkan bahwa saat mandi, kita akan mengalami rasa bahagia, rileks, dan mengalami distraksi ringan yang bisa membuat otak menjadi semakin kreatif.

Hal ini juga membuat kita melepaskan diri dari berbagai permasalahan di dunia luar dan akhirnya mengusik ide kreatif dari alam bawah sadar hingga ditemukan solusi untuk berbagai permasalahan.

Hal senada juga diutarakan oleh neuroscientist Alice Flahert, psikolog Shelley H. Carson, dan penulis saisn Yunus Lehrer. Menurut ketiganya, otak melepaskan gelombang bahagia sewaktu mandi.

Berdasarkan penuturan dari mereka, Widrich mengambil kesimpulan jika selama mandi santai, otak melepaskan gelombang bahagia. Gelombang ini disebut neurohormon dopamin. Gelombang ini memungkinkan tubuh dan otakmu lebih rileks.

Tanggapan pakar kognitif

Toilet
Toilet. (Foto: babe)

Sementara itu, pakar psikologi kognitif bernama Scott Barry Kaufman pada tahun 2014 menyebut lingkungan kamar mandi sebagai tempat yang sangat kondusif bagi munculnya ide-ide kreatif.

Saat berada di dalamnya, kata Scoot, pikiran kita bisa melanglang-buana dengan lebih bebas dan liar sehingga mampu menghasilkan imajinasi yang berbuah ide-ide kreatif.

Berita Terkait
Komentar
Terkini