Mengenal Informasi Hoaks Berbentuk Black Campaign Jelang Pemilu 2024 Jangan Asal Sebar
Komentar

Mengenal Informasi Hoaks Berbentuk Black Campaign Jelang Pemilu 2024 Jangan Asal Sebar

Komentar

Terkini.id, Makassar – Hoaks yang berupa disinformasi dan misinformasi kerap kali beredar saat momen Pemilihan Umum atau Pemilu

Ketua Presidium Mafindo Septiaji Eko Nugroho sebelumnya mengungkap hoaks selalu meningkat setiap kali menjelang Pemilu Melihat Pemilu yang akan digelar pada 2024 masyarakat pun harus waspada.

Berkaca pada Pemilu 2014 dan 2019 hoaks banyak menyasar penyelenggara pemilu partai politik kandidat dan pemilih.

Pada 2019 Mafindo mencatat jenis hoaks yang terkait dengan politik porsinya mencapai 527 persen dari total hoaks yang beredar pada tahun itu Salah satu hoaks yang paling sering terjadi dalam bentuk kampanye hitam.

Mengutip dari laman Bawaslugoid Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo mengungkapkan modus kampanye hitam black campaign yang bisa muncul dari Pidato Politik yang cenderung mengarah kepada politik identitas yang bermuara kepada politisasi SARA suku agama ras dan antargolongan.

DPRD Kota Makassar 2023
Baca Juga

Selain itu hoaks berbentuk kampanye hitam jika tak diantisipasi dengan cepat bisa masuk dalam isi ceramah ceramah provokatif di tempat ibadah atau acara keagamaan.

Selain beredar lewat media sosial hoaks berupa kampanye hitam saat Pemilu bahkan bisa beredar lewat spanduk yang mengandung pesan verbal berkonten SARA hingga ujaran kebencian.

Menangkal Hoaks Jelang Pemilu

Mengutip dari berbagai sumber berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengenal informasi palsu dan menangkal Hoaks Jelang Pemilu.

Pertama bisa dengan mencermati reputasi media penyampai berita seiring kemajuan zaman banyak bermunculan laman berita baru Pastikan media tersebut telah terverifikasi oleh Dewan Pers dengan cara mengecek situs resmi dewan pers.

Informasi hoaks yang bermuatan kampanye hitam biasanya merujuk ke artikel yang diterbitkan oleh media Cek selalu sumber aslinya.