Mengenal Sosok Yahya Waloni, Mantan Pendeta yang Dijuluki Ustaz Pansos

Terkini.id, Jakarta – Sebelas dua belas dengan Ustaz Maaher, Ustaz Yahya Waloni juga merupakan seorang ustaz yang cukup dikenal kontroversial di mata publik.

Ia adalah seorang pendakwah yang dulunya berprofesi sebagai pendeta sebelum memutuskan untuk menjadi seorang mualaf. Maka tak heran jika biasanya ceramahnya berhubungan dengan kristenisasi dan misionaris.

Diketahui bahwa gaya berceramahnya kerap kali menghebohkan publik lantaran sering terkesan frontal dan blak-blakan hingga ia pun mendapat julukan sebagai “Ustaz Pansos” alias Ustaz Panjat Sosial.

Baca Juga: Keberadaan Yahya Waloni Dinilai Bahaya karena Bodohi Umat, Yusuf Muhammad:...

Julukan itu pernah diudarakan oleh Denny Siregar di kanal Geotimes yang dilansir dari teropongsenayan.

Ia menilai bahwa Yahya sangat gemar menjelek-jelekkan agama lamanya sebagai “jualan” agar pamor meningkatnya di mata umat muslim.

Baca Juga: Pendakwah Yahya Waloni Sebut PPKM Strategi Komunis, Ferdinand: Memang Sampah

“Itu produk unggulannya. Untuk menutupi kelemahannya dalam ilmu-ilmu agama Islam, ia memainkan kata kasar dalam ceramahnya. Dan lumayan laku karena ada orang-orang yang senang dengar ceramah agama melalui kata-kata kasar,” kata Denny.

Yahya Yopie Waloni lahir di kota Manado pada 30 November 1970. Keluarganya berdarah Minahasa yang taat pada agama Kristen.

Dari berbagai sumber, ia disebut pernah menjabat sebagai Ketua atau rektor Sekolah Tinggi Theologia (STT) Calvinis Ebenhaezer di Sorong tahun 1997-2004.

Baca Juga: Sebut PPKM Strategi Komunis, Yahya Waloni: Jangan Taati Perintah Orang...

Kendati demikian, rupanya banyak penyangkalan dari pihak umat Kristen atas status Yahya tersebut.

Dalam video yang beredar pun Yahya Waloni sering mengaku sebagai mantan pendeta dan mengklaim pernah menjabat sebagai Rektor UKI Papua.

1 2
Selanjutnya
Bagikan