Mentan SYL Sapa Mahasiswa Polbangtan: Selamat Bergabung di Keluarga Besar Kementan, Langkah Kalian Sudah Tepat Berada di Polbangtan dan PEPI

Direktur Polbangtan Gowa dan Perwakilan Camaba

Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Agriculture Warr Room (AWR) mengadakan Pembukaan Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa (Mabidama) bagi mahasiswa baru pada 6 (enam) Polbangtan dan 1 (satu (PEPI) se Indonesia yang dilakukan secara virtual. Jumat (09/10).

Sejumlah 1258 mahasiswa baru secara resmi diterima di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI).
Pada Tahun Akademik 2020/2021 pendidikan vokasi Kementan mahasiswa baru yang terdiri dari 155 mahasiswa Polbangtan Medan, 224 mahasiswa Polbangtan Bogor, 245 mahasiswa Polbantan Yogyakarta Magelang, 196 Mahasiwa Polbangtan Malang, 261 mahasiswa  Polbangtan Gowa, 105 mahasiswa Polbangtan Manokwari dan 72 orang mahasiswa PEPI.

Kalian Sudah menjadi anak menteri pertanian dan itu Sudah tepat dengan bergabungnya dikeluarga besar Kementan. Selamat menempuh pendidikan di Polbangtan dan PEPI. Tuhan telah memilih kalian untuk berada dijalur tepat, jangan takut menjadi miskin karena pertanian mangat menjanjikan untuk masa depanmu,” ungkap Mentan SYL.

Kesempatan ini jangan disia-siakan, jadilah kebanggan orangtua yang menaruh harapan besar untuk mendukung kemajuan negara disektor pertanian. Begitu banyak yang ingin bergabung, tapi kalian yang terpilih,” jelas Syahrul.

Mahasiswa baru juga diberikan motivasi oleh Mentan SYL dengan memberikan 5 kunci keberhasilan jika ingin sukses diantaranya konsentrasi belajar, lahirkan terampil sehingga bisa menjadi petani milenial dengan berwirausaha dibidang pertanian. Jangan malu untuk belajar dari pengalaman orang yang sukses, memiliki cita-cita, impian, harapan, dan visi, Jujur dalam segala hal, tingkatan kepedulian terhadap sesama serta berlaku sesuai dengan budaya dan etika yang berlaku dan terakhir adalah disiplin.

Menarik untuk Anda:

“Pertanian itu dibutuhkan oleh kemajuan suatu negara. Tidak ada kemajuan suatu negara, tidak ada kemajuan suatu daerah, tidak ada kemajuan sebuah rumah tangga tanpa hadirnya pertanian,” ujar Syahrul.

Mentan SYL di kesempatan ini menyempatkan diri untuk menyapa dan berdialog langsung secara virtual dengan mahasiswa dari Polbangtan Gowa, Polbangtan Bogor, Polbangtan Manokwari, Polbangtan YoMa, Polbangtan Medan. Bersama kita jadikan Polbangtan dan PEPI sebagai pendidikan vokasi bertaraf nasional bahkan ke taraf internasional. Jadilah orang yang berkarakter nasionalis yang menjunjung tinggi bangsanya dan terus bersyukur dengan tyda melupakan jasa orang tua.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Prof. Dedi Nursyamsi mengatakan, tujuh Polbangtan sudah melaksanakan penerimaan mahasiswa baru. “Kurang lebih 1258 mahasiswa baru sudah diterima dan saat ini mereka masuk dalam zoom meeting ini, juga bisa ditonton melalui livestreming,” kata Dedi. 

Mabidama kali ini semua dilakukan secara online dan virtual dikarenakan pandemi civid-19. Dedi juga menyampaikan tahun ini sedang terproses dua SMK-PP (Banar baru dan Sembawa) unto menjadi Polbangtan, sehingga tahun depan sudah akan menerima mahasiswa baru seperti Polbangtan yang ada saat ini,” ujar Dedi.

Lanjut, Dedi menjelaskan selama pelaksanaan mabidama mahasiswa dikenalkan dengan kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan vokasi, program-program strategis Kementan serta pembinaan karakter melalui kedisiplinan dan rasa cinta pada tanah air.

Dalam waktu yang sama Direktur Polbangtan Gowa, memasangkan jas almamater kepada dua perwakilan mahasiswa baru Polbangtan Gowa di Agriculture Operational Room (AOR). Di kesempatan ini pula, Syaifuddin menitipkan kepada seluruh mahasiswa baru untuk terus belajar, belajar dan belajar.

Gunakan kesempatan yang berharga ini untuk menjadikan kalian orang-orang yang berguna bagi bangsa dan negara dengan memajukan sektor pertanian. Jadilah petani milenial dan wirausaha yang handal dibidang pertanian, tegasnya. (MUZ).

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Komitmen Cegah Korupsi dan Tingkatkan Transparansi Kementerian Pertanian

Gelar Webinar, Pendidikan Akuntansi UNM Kembangkan Minat Wirausaha Mahasiswa

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar