Makassar Terkini
Masuk

Mafia Baru! Menurut Erick Thohir Terdapat Mafia Bibit di Kementerian Pertanian

Terkini.id, Jakarta – Erick Thohir menyampaikan pendapat yang kontroversial pada saat memberikan kuliah umum di Universitas Padjajaran, Bandung.

Dalam acara tersebut, Erick Thohir mengemukakan bahwa terdapat mafia bibit di Indonesia.

“Bibit pun ada mafianya. Banyak petani mendapatkan bibit yang hybrid, yang salah, sehingga ketika tumbuh tidak baik,” kata Erick Thohir dilansir dari kompas.com, Senin 25 April 2022.

Menteri BUMN tersebut juga mengutarakan harapannya mengenai praktik mafia di Indonesia. Ia membeberkan bahwa jika terdapat mafia bibit dalam sektor pertanian maka akan membuat kualitas petani menurun.

Mendengar pernyataan yang dikemukakan oleh Erick Thohir tersebut, Partai Nasional Demokrat selaku rumah dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo langsung berujar bahwa Partai Nasdem akan mendesak Yasin Limpo mundur dari jabatannya jika ucapan Erick Thohir benar adanya.

Hermawi Taslim selaku Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis mengatakan bahwa Partai Nasional Demokrat (Nasdem) akan memberhentikan Yasin Limpo jika memang terdapat bukti terkait mafia bibit.

“Kalau hal itu ada (mafia bibit), maka Nasdem akan mendesak Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk mengundurkan diri dari kabinet karena telah mencederai misi pengabdian restorasi yang diamanatkan oleh partai kepada beliau,” ucap Hermawi pada wartawan, Minggu 24 April 2022.

Nasdem akan menyelidiki dan menanggapi tuduhan tersebut dengan serius dikarenakan posisi Yasin Limpo yang merupakan Menteri Pertanian dibawah perintah Presiden Jokowi.

Jika memang terdapat penyimpangan dalam Kementerian Pertanian, maka Nasdem akan menghubungi KPK serta Kejaksaan Agung agar dapat dilakukan investigasi.

Hemawi juga mengutarakan mengenai alasan dari Erick Thohir yang secara tiba-tiba bicara soal mafia bibit di Kementerian Pertanian.

“Nasdem juga ingin bertanya kepada Erick Thohir kok ujug-ujug ngomong soal mafia di Kementan. Apakah Erick Thohir sedemikian yakin bahwa di Kementerian BUMN tidak ada mafia?” ungkap Hermawi.