Meski Nonmuslim, Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Banyak Bantu Pesantren

Terkini.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Komjen Sigit Listyo Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

Komjen Listyo Sigit diketahui merupakan penganut agama Kristiani atau nonmuslim. Namun, dirinya banyak membantu majelis taklim maupun pondok pesantren di Kabupaten Serang, Banten.

Hal itu diungkapkan oleh Pembina Majelis Djikir Bumi Alit Padjadjaran Cikeusal Kabupaten Serang, KH Elang Mangkubumi.

Baca Juga: Tegas, Kapolri Listyo Sigit Instruksikan Polisi yang Bobrok Dipecat dan...

KH Elang lewat sebuah videon yang tayang di kanal Youtube Kabar Viral79 mengapresiasi keputusan Jokowi mengajukan nama Komjen Listyo sebagai calon tunggal Kapolri.

“Saya mengapresiasi surat presiden kepada DPR perihal penunjukkan komisaris Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri,” kata KH Elang dalam tayangan video tersebut, Jumat 15 Januari 2021 seperti dikutip dari Hops.id.

Baca Juga: Tanggapi Usulan Kapolri, Rachman Singgung Penyerangan terhadap Penyidik KPK oleh...

Menurutnya, saat Listyo Sigit masih menjabat sebagai Kapolda di wilayah Banten pada periode 2016 hingga 2018 silam ia dikenal sebagai sosok yang hangat dan sangat dicintai bawahannya.

Bahkan, kata Kiai Elang, Listyo juga dianggap sebagai pemimpin yang bijaksana, sehingga mampu berkomunikasi dan menjaga keharmonisan antara aparat kepolisian Banten dengan tokoh agama, tokoh masyarakat hingga alim ulama.

Hal tersebut, ungkap Elang, dibuktikan dengan banyaknya pondok pesantren, majelis zikir, dan majelis talim yang berdiri berkat bantuan Komjen Listyo Sigit.

Baca Juga: Tanggapi Usulan Kapolri, Rachman Singgung Penyerangan terhadap Penyidik KPK oleh...

“Beliau kami kenal pernah menjadi pemimpin di Polda Banten periode 2016 sampai 2018. Beliau dikenal oleh anggotanya sebagai sosok yang mencintai dan dicintai, beliau juga kami kenal sebagai pemimpin yang bermasyarakat, pemimpin yang bijaksana sehingga para tokoh agama, tokoh masyarakat, para ulama memiliki hubungan yang harmonis sekali,” tutur KH Elang.

“Itu terbukti banyak pondok pesantren, majelis-majelis zikir, majelis talim yang berdiri dan dibangun atas jasa beliau,” tambahnya.

Sebelumnya, ulama kharismatik Banten Abuya Muhtadi Dimyathi juga mengakui bahwa dirinya akan menjadi orang di belakang calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Abuya Muhtadi juga mengaku yakin dengan kemampuan Komjen Sigit Listyo untuk menjadi orang nomor satu di tubuh Polri.

Pasalnya, kata Abuya, ia mengingat Sigit pernah menjabat sebagai Kapolda Banten sejak 5 Oktober 2016 hingga 13 Agustus 2018.

Menurutnya, saat itu Komjen Sigit mampu menciptakan situasi aman di Banten tanpa gejolak.

“Tugas utama dia terus amankan negara ini. Insya Allah mampu. Kalau beliau jadi (Kapolri), saya di belakangnya dan sebatas penguat saja. Saya ikut bagaimana keputusan pusat saja,” kata Abuya, Jumat 15 Januari 2021 seperti dikutip dari Antara.

Abuya juga mengungkapkan bahwa Komjen Sigit Listyo merupakan sosok yang sangat dekat dengan ulama dan masyarakat.

Mengutip Hops.id, hal senada juga diungkapkan adik Abuya Muhtadi, Abuya Murtadho. Ia menuturkan, selama berdinas di Provinsi Banten Komjen Sigit Listyo bekerja dengan baik dan mampu merangkul semua golongan.

Bahkan Komjen Sigit, kata Murtodho, waktu itu sempat menginstruksikan seluruh jajaran Polda Banten untuk membaca kitab kuning.

Ia pun berharap sikap Sigit Listyo itu bisa menginspirasi perwira-perwira tinggi yang menjadi Kapolda Banten selanjutnya saat memimpin provinsi itu.

“Seandainya polisi-polisi dan jenderal-jenderal seperti Pak Sigit pasti benar. Nah, saya tidak tahu lagi setelah Pak Sigit pindah, apakah program tersebut masih berjalan atau tidak,” tuturnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo ke DPR RI sebagai calon tunggal Kapolri.

Nantinya, Sigit akan mengisi jabatan Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang akan memasuki masa purnatugas pada 1 Februari 2021 mendatang.

Bagikan