MTT Foundation & IZI Sulsel Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar untuk Masyarakat Dusun Matteko

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Gowa- Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sulawesi Selatan dan Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) Foundation Telkomsel melakukan pendampingan dan pelatihan untuk masyarakat dalam salah satu program pemberdayaan masyarakat yaitu Program Budidaya Ikan Air Tawar. Program ini telah diusung sejak tahun 2019 di salah satu dusun di Kabupaten Gowa yang tergolong cukup terpencil dan sulit dijangkau.

Dusun tersebut adalah Dusun Matteko, Desa Erelembang, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa. Secara geografis, Dusun Matteko berada di daerah perbukitan dengan ketinggian antara 900–1.400 MDPL. Lokasinya berada tepat di lereng Gunung Bowong Langit, bersebelahan dengan kawasan masyarakat adat Patallassang.

Masyarakat Dusun Matteko sudah mengenal budidaya ikan air tawar melalui ilmu turun-temurun yang diwariskan pendahulu mereka. Namun seiring berjalannya waktu masyarakat tidak lagi optimis dengan budidaya ikan air tawar karena menganggap hal tersebut memakan waktu yang lama dan membutuhkan modal yang besar.

Menanggapi asumsi tersebut IZI Sulawesi Selatan mengadakan pelatihan untuk masyarakat setempat sekaligus memberikan pendampingan dalam budidaya ikan air tawar. Kegiatan tersebut digelar Rabu, 23 September 2020. Pelatihan yang mengusung tema ‘Meningkatkan Kompetensi dan Produktivitas Masyarakat’ itu dilaksanakan untuk membekali penerima bantuan dengan ilmu serta semangat dalam melaksanakan budidaya ikan air tawar.

Menarik untuk Anda:

Pelatihan yang dilaksanakan di rumah salah satu masyarakat tersebut diikuti oleh warga binaan yang telah diberdayakan sejak tahun 2019 dan calon warga binaan pemberdayaan yang baru. Antusiasme dari warga yang hadir terlihat saat berjalannya kegiatan ditambah dengan pembagian kaos khusus sebagai identitas para penerima bantuan budidaya ikan air tawar.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber yang istimewa karena diisi langsung oleh Kepala UPTD Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai, Mapperimeng. Warga binaan merasa sangat senang karena ilmu budidaya ikan air tawar mereka kini tidak hanya ilmu yang berasal dari para pendahulu mereka, tetapi juga ilmu baru yang sangat bermanfaat untuk kegiatan mereka kedepannya.

Jumhar, Kepala Bidang Pendayagunaan IZI Sulawesi Selatan mengaku kegiatan ini adalah bentuk pendampingan untuk para warga binaan agar ilmu dalam budidaya ikan air tawar menjadi luas dan dapat diturunkan kepada anak-anak mereka, sehingga pelatihan ini nantinya dapat bersifat masif untuk pemberdayaan masyarakat Dusun Matteko di masa depan.

Citizen Reporter: Awaluddin

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

RSP IZI Sulsel Launching Kerjasama dengan BNI Syariah Yayasan Hasanah Titik

Sambangi Rumah Masyarakat, Satgas Yonif Raider Laksanakan Pelayanan Kesehatan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar