Mudik Imlek, Tiongkok Waspadai Wabah Pneumonia

Dinas Kesehatan Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok, Minggu 5 Januari 2020 lalu melaporkan, satu warga meninggal akibat penyakit penyakit misterius seperti pneumonia. Total, ada sebanyak 59 orang terkontaminasi penyakit tersebut, sementara tujuh lainnya masih dalam kondisi kritis. / Istimewa

TERKINI. id, BEIJING – Dinas Kesehatan Kota Wuhan, Hubei, Tiongkok, Minggu 5 Januari 2020 lalu melaporkan, satu warga meninggal akibat penyakit penyakit misterius seperti pneumonia. Total, ada sebanyak 59 orang terkontaminasi penyakit tersebut, sementara tujuh lainnya masih dalam kondisi kritis.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti penyebab penyakit tersebut. Merujuk terhadap diagnosis sementara, 41 kasus pneumonia di Wuhan diduga lantaran virus corona tipe baru.

Otoritas pemerintah Wuhan mengingatkan, menjelang tahun baru Imlek, sekitar tiga miliar penduduk Tiongkok diprediksi akan mudik ke kampung halaman. Ritual ini menjadi proses migrasi manusia terbesar di dunia, di tengah ancaman merebaknya virus corona yang menyebabkan pneumonia jenis baru.

Associated Press melansir, Jumat 17 Januari 2020, Kementerian Perhubungan Tiongkok mengatakan warga yang ingin mudik menggunakan moda transportasi kereta api dan pesawat melonjak tajam sebelum perayaan Imlek yang jatuh pada 25 Januari 2020 mendatang.

Kendati demikian, pemerintah Tiongkok saat ini juga sedang mengantisipasi merebaknya wabah pneumonia di kawasan tengah. Hingga saat ini, tercatat ada 41 orang terpapar virus corona di Kota Wuhan.

Pakar dari Kementerian Perhubungan Tiongkok, Wang Yang mengatakan, meluasnya penyebaran virus tersebut kemungkinan bisa menyebar lebih cepat dalam masyarakat, terutama di daerah yang akan dipadati masyarakat dalam Festival Musim Semi di Tiongkok.

Ia menginformasikan, mereka akan menempatkan alat pindai suhu tubuh di setiap bandara, stasiun, dan terminal untuk mencegah penyebaran virus itu semakin meluas. Pasalnya, sudah ada orang meninggal akibat terjangkit virus tersebut.

Puncak masa mudik diprediksi antara 10-24 Januari 2020. Sementara, masa arus balik diperkirakan akan terjadi hingga 18 Februari 2020.

Sama halnya perayaan Idul Fitri dan Natal di Indonesia, mudik jelang tahun baru Imlek akan menjadi ajang reuni keluarga baik bagi mereka yang bekerja di kota besar atau di luar negeri.

Komentar

Rekomendasi

DKI Jakarta Resmi Berstatus PSBB Corona, Ojol Dilarang Angkut Penumpang

Pengusaha Ini Hibahkan Lahan 1 Hektar Miliknya untuk Area Pemakaman Korban Corona

Sering Bicara Khilafah dan Hina Presiden, Ali Baharsyah Ternyata Kolektor Video Mesum

3 Poin Sikap AJI Terkait Privilese Wartawan untuk Tes Cepat Covid-19

Terpidana Teroris Abu Bakar Ba’asyir Surati Jokowi, Minta Dibebaskan akibat Corona

Potret Pilu Badut Tetap Cari Nafkah di Dalam Mal yang Sepi akibat Corona

Pintu Pelimpah Bendungan Bili-bili Dibuka, Warga Diminta Tak Beraktivitas di Hilir Sungai Jeneberang

Tim Peneliti Australia Klaim Temukan Obat Penyembuh Virus Corona, Ini Nama Obatnya

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar