MUI Dapat Dana Hibah Lebih Banyak Daripada NU dan Muhammadiyah, Ahmad Riza: MUI itu Induk Ormas Islam

Terkini.id, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dikabarkan mendapatkan dana hibah yang lebih banyak dibandingkan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah oleh Pemerintah DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan jika kebijakan tersebut diambil bukan tanpa alasan. Menurutnya,  MUI menaungi banyak organisasi masyarakat (Ormas) islam di ibu kota.

“MUI adalah induk ormas Islam yang membawahi dan menaungi banyak sekali ormas Islam di DKI Jakarta,” ujar Riza, dikutip dari suara.com, Minggu 7 November 2021.

Baca Juga: Himbau Politisi dan Partai Politik Tak Gunakan Politik Identitas, Gus...

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan dana hibah sebanyak Rp 10 miliar untuk MUI. Sedangkan untuk NU mendapatkan Rp 2,07 miliar dan Muhammadiyah Rp1,89 miliar.

Selain itu, Riza juga mengakui jika terdapat penurunan pemberian dana hibah. Ini disebabkan oleh kontraksi ekonomi yang terjadi karena pandemi Covid-19.

Baca Juga: Tedy Gusnaidi Sebut Jokowi Bisa 3 Periode Bahkan 4 Periode,...

“Terkait dana hibah semua dana hibahnya ini disesuaikan dengan kemampuan daripada Pemprov DKI,” tuturnya.

Pihaknya pun telah menyusun jumlah pemberian dana hibah sesuai skala prioritas. Kemudian, diputuskan MUI mendapatkan hampir 10 kali lipat dari NU dan Muhammadiyah.

“APBD kita terkoreksi, terkontraksi cukup tinggi dan MUI memang lebih tinggi dana hibahnya daripada NU dan Muhammadiyah,” tandasnya.

Baca Juga: Tedy Gusnaidi Sebut Jokowi Bisa 3 Periode Bahkan 4 Periode,...

Sebelumnya, sejumlah pemberitaan menyebutkan adanya ketimpangan besaran dana hibah dari Pemprov DKI ke MUI Jakarta, antara lain PWNU Jakarta dan PW Muhammadiyah Jakarta.

Komisi E DPRD bersama Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta pun segera menata ulang besaran pemberian dana bantuan hibah bagi operasional tempat ibadah di Ibu Kota.

Bagikan