Mulai Terkuak, Ternyata Ini Penyebab Kenapa Kim Jong Un Semakin Kurus

Terkini.id, Jakarta – Beberapa waktu lalu, publik menyoroti tampilan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un yang terlihat jauh lebih kurus. Padahal, bila berkaca sebelumnya, tubuh Kim nampak lebih berisi.

Pengamat Korea Utara Sojin Lim, membeberkan penyebab Kim Jong Un terlihat semakin kurus. Ia menilai, Kim Jong Un tidak bisa mendapatkan asupan makanan favoritnya akibat pembatasan Covid-19 di Korea Utara.

“Kita tahu dia (Kim Jong Un) memiliki akses yang baik, ia menyukai keju, ia peminum berat, ia mendapatkan akses ke seluruh makanan cepat saja,” ungkap Sojin Lim yang juga seorang dosen Institut Studi Korea di Unversity of Central Lancashire, dikutip dari Detik.com Jumat 21 Januari 2022.

Baca Juga: Viral! Pria Mirip Kim Jong Un Sumbang Lagu di Nikahan,...

Diketahui, Kim Jong Un sangat menyukai keju Swiss. Ia bahkan dilaporkan memakan banyak sekali keju yang membuatnya kelebihan berat badan, hingga melukai pergelangan kakinya.

Tak hanya itu, Kim Jong Un juga menyukai ayam goreng, vodka Rusia, Hennessy Cognac, dan sampanye.

Baca Juga: Viral Pria Mirip Kim Jong Un Nanyi di Kondangan, Komentar...

“Namun karena penutupan pembatasan ini, cara Kim membawa seluruh makanan ini ke Korea Utara harus terputus. Ia tak memiliki variasi (menu makanan) yang sama lagi,” katanya.

Selain itu, terdapat alasan lain yang membuat Kim Jong Un mempertahankan penampilan kurus itu untuk menjaga citranya di masyarakat. Terlebih saat ini Korea Utara sedang menghadapi kelaparan.

Lim menilai, penurunan berat badan ini menunjukkan kalau ia berempati dengan masyarakat.

Baca Juga: Viral Pria Mirip Kim Jong Un Nanyi di Kondangan, Komentar...

“Jika dia mempertahankan tampilan itu (gemuk), itu hanya akan menambah keluhan masyarakat,” ujar Lim.

“Ia menunjukkan pada warga, ‘saya bersama kalian, saya tidak mengambil seluruh makanan ini untuk saya sendiri, saya seperti kamu’, saya juga menderita,” tambahnya.

Pada beberapa foto yang muncul, Kim Jong Un terlihat semakin kurus. Otoritas Korea Utara mengklaim pemimpin negara itu makan lebih sedikit demi negara yang tengah mengalami kekurangan makanan.

Bagikan