Nasib Ferdinand Hutahaean Segera Ditentukan, Berkas Perkara Telah Sampai di Tangan Kejaksaan Negeri

Terkini.id, Jakarta – Berkas perkara atas kasus Ferdinand Hutahaean dengan dugaan ujaran kebencian bernuansa SARA, telah sampai di Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (Jakpus) pada Senin, 24 Januari 2022.

Pelimpahan berkas tersebut dilakukan, saat Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri telah menyelesaikan pendidikannya. Hal ini juga menandakan bahwa kasus Ferdinand Hutahaean sudah semakin mendekati persidangan.

“Telah dilaksanakan penyerahan tersangka dan barang bukti Tahap II dari penyidik Bareskrim Mabes Polri kepada Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat atas nama tersangka Ferdinand Hutahaean,” ucap Kasi Intel Kejari Jakpus, Bani Immanuel Ginting kepada wartawan.

Baca Juga: Tangkap Penyelewengan BBM Subsidi, Bareskrim Ungkap Kasus Skala Jumbo

Ia juga menjelaskan bahwa, Ferdinand Hutahaean diduga telah melakukan tindak pidana berupa penyebaran berita bohong, yang menyebabkan keributan di masyarakat umum.

Selain itu, juga Ferdinand Hutahaean telah menyebarkan  ujaran kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat atau kalangan tertentu, berdasarkan ras, suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

Baca Juga: Ferdinand Hutahaean hanya Divonis 5 Bulan Penjara, Eko Widodo Singgung...

Kini Ferdinand kembali menjalani penahanan selama 20 hari kedepan, sembari menunggu masa penyusunan dakwaan.

“Penahanan selama 20 hari di Rutan Rorenmin Bareskrim Mabes Polri terhitung mulai tanggal 24 Januari 2022 sampai dengan tanggal 12 Februari 2022,” ucapnya yang dikutip dari CNN Indonesia pada Senin, 24 Januari 2022.

Tersangka Ferdinand Hutahaean, nantinya akan didakwa dengan berlapis sesuai Pasal 14 ayat (2) Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum PIdana atau Pasal 45 ayat (2) jo Pasal 28 ayat (2) Undang-undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Pasal 156a huruf a jo Pasal 156 KUHP.

Baca Juga: Ferdinand Hutahaean hanya Divonis 5 Bulan Penjara, Eko Widodo Singgung...

Dengan dilanjutkannya penahanan atas Ferdinand Hutahaean, hingga kini penegak hukum masih belum mengabulkan permohonan penangguhan penahanan, yang sempat diajukan oleh pihak tersangka beberapa waktu lalu.

Bagikan