Masuk

Ditahan di Rutan, Kuasa Hukum Nikita Mirzani Ajukan Penangguhan Penahanan

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Nikita Mirzani yang tersangka kasus pencemaran nama baik dan didalamnya menyangkut Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) terhadap Mahendra Dito di Instagram.

Atas kasus itu, Nikita ditahan di rutan kelas IIB Serang sejak selasa 25 Oktober 2022 malam.

Karena salah satu alasan, Nikita seorang ibu yang punya anak 3, Fahmi Bachmid kuasa hukum Nikita Mirzani mengajukan permohonan penangguhan Penahanan kepada kejaksaan Negeri (Kejari) Serang, Banteng, Rabu 26 Oktober 2022.

Baca Juga: Cium Bau Korupsi, Polisi Datangi Kantor Bupati Jeneponto, Minta Dokumen Keuangan untuk Diperiksa

“Niki kan sebagai seorang ibu yang punya tiga nak kecil. Jadi minta penangguhan penahanan,” ujar Fahmi. 

Fahmi Bachmid pengacara Nikita membeberkan bahwa alasan lainnya karena pada saat penyidikan di polresta Serang kota [tidak dilakukan penahanan melainkan hanya wajib lapor satu minggu sekali].

Fahmi Bachmid mengatakan bahwa pemohonan penangguhan itu telah disampaikan ke Kejari Serang sejak Rabu siang.

Baca Juga: Kapolri Diminta Turun Gunung Ungkap Kasus Oknum Polisi Jual Istri

“Iya sudah (mengajukan permohonan penangguhan) karena itu hak seseorang pasti sudah diajukan, (diajukan) kemaren siang, tinggal jawaban dari bapak Kajari bagaimana jawabannya,” kata Fahmi melalui sambungan telepon dikutip terkini.id dari Kompas.com  Kamis 27 Oktober 2022.

 Selain hal itu Fahmi juga mengatakan bahwa pasal yang dipersangkakan kepada kliennya yakni pasal 27 ayat 3 tentang pencemaran nama baik sehingga tidak bisa dilakukan penahanan.

“Induk permasalahannya itu pencemaran nama baik jadi 27 ayat 3, kami tinggal nunggu jawaban kejaksaan, Intinya alasan kemanusiaan dan itu (penangguhan) hak seseorang,” jelas Fahmi.

Walaupun kewenangan sepenuhnya berada di kejaksaan Fahmi menyayangkan keputusan Kejari Serang atas penahanan Niki.

Baca Juga: Seorang Polisi Tega Jual Istri Kepada Atasannya

“Sebetulnya polisi tidak menahan, seyogyanya mejaksaan tidak melakukan penahanan, apalagi yang menjadi alasan, orang barang bukti sudah ada diserahkan. Mana mungkin juga bisa melarikan diri, paling cari saja di tempat syuting dia,” kata dia.