Makassar Terkini
Masuk

Natalius Pigai: Jika UAS Saja Negara Tidak Acuh, Bagaimana dengan Jutaan Rakyat yang Mengadu Nasib dan Bepergian?

Terkini.id, Jakarta – Mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigai turut menanggapi soal Ustaz Abdul Somad UAS.

Natalius Pigai menyoroti bahwa UAS saja tidak diacuhkan Pemerintah Indonesia, bagaimana nasib jutaan rakyat lain yang mengadu nasib dan bepergian.

“Beliau (UAS) itu tokoh Indonesia. Meskipun kontroversial, negara tidak lantas mengabaikan tokoh besar bagi umat muslim Tanah Air seperti UAS,” kata Natalius Pigai, sebagaigaimana dikutip dari RMOL pada Sabtu, 21 Mei 2022.

“Pertanyaannya, jika UAS saja negara tidak acuh, bagaimana dengan jutaan rakyat yang mengadu nasib dan bepergian?” sambungnya.

Kendati mengkritik Pemerintah Indonesia, Natalius Pigai menilai bahwa Singapura memiliki otoritas sebagai negara untuk menolak UAS.

Ia juga menilai bahwa penolakan terhadap tokoh agama Islam di Indonesia tersebut bukanlah bentuk Islamophobia.

“Saya tidak melihat Singapura itu phobia Islam (Islamophobia), tapi mereka punya otoritas untuk itu (menolak kedatangan UAS),” ujarnya.

Natalius Pigai menyinggung bahwa Presiden Singapura adalah seorang Muslimah yang memimpin negara Kristen.

Oleh sebab itulah, ia menilai bahwa tudingan Islamophobia kepada Singapura bukanlah hal yang tepat.

“Ibu Hj Halimah Yacob wanita Melayu dari Tumasek Kerajaan Riau Lingga. Presiden Singapura adalah kepala negara dan berwenang menjalankan sistem eksekutif. Seorang muslimah memimpin Negara Kristen. Ini soal akal sehat dan bukan soal agama,” jelasnya.