Oleh-Oleh Unik dan Khas yang Wajib Dibeli Ketika Berkunjung ke Bulukumba, Omah Dompea Tempatnya

Terkini.id, Bulukumba – Kabupaten Bulukumba merupakan salah satu destinasi wisata utama yang ada di Sulawesi Selatan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. 

Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan tidak hanya memikat keindahan alamnya, namun budaya yang kental juga menjadi salah satu daya tarik wilayah tersebut. 

Tidak sedikit wisatawan yang tak hanya menikmati liburannya, berkunjung ke Bulukumba tentu belum lengkap rasanya tanpa membawa pulang buah tangan. 

Omah Dompea di Bulukumba/ ist

Baca Juga: Pemkab Bulukumba ‘Keroyokan’ Bareng OPD Atasi Banjir

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bulukumba namun belum mengetahui tempat oleh-oleh yang menyediakan banyak pilihan produk khas daerah yang berjuluk Butta Panrita Lopi ini. 

Nah, jika Anda berencana berlibur atau berkunjung ke daerah paling selatan di Sulawesi Selatan itu, saat ini sudah ada satu tempat khusus yang menjual aneka macam oleh oleh bernama Omah Dompea. 

Baca Juga: Dikunjungi Pimpinan Telkom, Bupati Andi Utta Ingin Teknologi Digital Ditetapkan...

Omah Dompea sendiri berada di jalan Ir Soekarno (samping kampus I Universitas Muhammadiyah Bulukumba) Teko Kabupaten Bulukumba.

Produk Omah Dompea

Mengenal Omah Dompea

Owner Omah Dompea, Rudi mengatakan Omah Dompea adalah sebuah brand kaos lokal yang berasal dari Bulukumba. 

Omah Dompea sendiri berasal dari dua kosa kata yaitu Omah diambil dari Bahasa Jawa yang berarti Rumah. Dompea sendiri adalah kosa kata yang populer di Kajang.

Baca Juga: Soal Insiden Unjuk Rasa Ricuh di Bulukumba Begini Penjelasan Bupati...

Konon Dompea ini berawal dari sebuah perkumpulan pemuda Kajang yang memiliki karakter nilai juang mempertahankan ideologi mereka dari Gerilyawan Kahar Mudzakar. Tapi terlepas dari nilai historinya, nilai yang terkandung di dalamnya adalah karakter jiwa juang, konsistensi, fokus dan tidak mudah goyah dengan pengaruh apa pun. 

“Hal inilah yang mendasari lahirnya kata Dompea di bidang wirausaha kreatif. Sementara kata Omah (Bahasa Jawa), istri saya orang Solo. Jadi dua perpaduan culture yaitu Kajang dan Solo,” jelas Rudi kepada terkini.id.

Produk Omah Dompea

Menurut anak muda kelahiran Dusun Dowa (Jampang) Kecamatan Kajang ini menyampaikan bahwa konsep yang ia tawarkan di Omah Dompea adalah kultur (klasik).

1 2
Selanjutnya
Bagikan