Makassar Terkini
Masuk

Pemkab Bulukumba Duet Peritel Modern dan Platform Digital Ojek Pinisi Promosikan Produk UMKM

Terkini.id, Bulukumba – Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, UKM Kabupaten Bulukumba yang sekaligus bertindak sebagai mentor melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan beberapa peritel modern sekaligus peluncuran promosi dan pemasaran produk UMKM Bulukumba pada Senin 8 Agustus 2022.

Adapun peritel modern yang bermitra oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang melakukan kerjasama tersebut adalah PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, PT Midi Utama Indonesia Tbk, PT Indomarco Prismatama dan CV Berkah Bangun Bahagia (Berkah Supermarket).

Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan PT Berkah Supermarket pada Senin, 8 Augustus 2022

Selain itu, Pemkab juga meneken kerjasama dengan PT Omah Dompea Indonesia (Odonesia) yang membawahi platform digital lokal Ojek Pinisi. Dan yang terakhir meneken kerjasama dengan DPD Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Akumandiri) Bulukumba. 

Adapun penandatanganan tersebut dilakukan di ruang pola Kantor Bupati Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan dilakukan oleh Bupati Bulukumba, para pimpinan peritel modern, dan Ketua Asosiasi serta disaksikan oleh Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan UMKM, Munthasir Nawir beserta SKPD dan tamu undangan lainnya. 

Penandatanganan MoU antara peritel modern dan Pemkab Bulukumba pada Senin 8 Agustus 2022

Kepala Bidang UKM Dinas Perdagangan, Perindustrian dan UKM Bulukumba, Iwan Setiawan Suyuti dalam laporannya mengatakan dalam rangka pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK), pencepatan lapangan kerja, dan penanggulangan kemiskinan, maka pemerintah menerbitkan kebijakan dengan tujuan meningkatkan sektor ril dan memberdayakan UMKM. 

“Kebijakan pengembangan dan pemberdayaan UMKMK ini mencakup meningkatan akses pada sumber pembiayaan, pengembangan kewirausahaan, peningkatan pasar produk UMKM dan reformasi regulasi UMKM,”ujar Iwan. 

Penandatanganan MoU antara Pemkab Bulukumba dan peritel modern

Ia juga berharap bahwa dengan adanya penandatanganan kesepakatan bersama ini agar adanya jaminan kepastian hukum dalam melakukan kerjasama promosi dan pemasaran bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Bulukumba melalui pola kemitraan pada peritel moderen dan integrasi aplikasi platform Ojek Pinisi bagi para pelaku UMKM dalam memasarkan pemasaran produk secara E-marketplace di Bulukumba.

“Diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan pendapatan bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Bulukumba dengan pemanfaatan perluasan akses pasar yang ada,” pungkasnya. 

Sejumlah produk untuk UMKM Bulukumba dipamerkan saat penandatanganan penandatanganan MoU antara Pemkab Bulukumba dan para peritel modern Senin 8 Agustus 2022 di ruang pola kantor Bupati Bulukumba

Ia juga menyebut jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Bulukumba cukup besar. 
“Usaha mikro saja sebanyak 66.725 dan usaha kecil jumlahnya sebanyak 9.429 usaha, serta usaha menengah sebanyak 1.015 usaha,”bebernya.

Sebagai informasi juga bahwa dari puluhan ribu UMKM di Kabupaten Bulukumba sudah ada 106 produk UMKM yang sudah dipasarkan di peritel modern dan platform Ojek Pinisi dan tentunya sudah melalui seleksi yang sangat ketat. 

Owner Ojek Pinisi Rudi Toto tampak membubuhkan tandatangan di hadapan Bupati Bulukumba saat penandatanganan MoU antara para peritel modern dan Pemkab Bulukumba Senin 8 Agustus 2022 di ruang pola Kantor Bupati Bulukumba

Beberapa diantaranya yang lolos seleksi dan kurasi yang ketat seperti Kopi Kajang, Kopi Kahayya, Banana Laper, Keripik Pisang, Bestcorn Jagung Marning, Kripik Campe Kahayya, Barakka Kacang, Nuna Abon Cakalang, Yanaro Kripik Talas, Phinisi Jahe Instan, Kopi Na’na, Jatzuka dan sejumlah produk lainnya bisa Anda liat di aplikasi Ojek Pinisi. Nuna Abon Cakalang, Yanaro Kripik Talas, Phinisi Jahe Instan, Kopi Na’na, Jatzuka dan sejumlah produk lainnya bisa Anda liat di aplikasi Ojek Pinisi. 

Sementara itu, Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas pelaksanaan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan peritel modern serta platform digital Ojek Pinisi. 

Juga mengapresiasi peritel modern serta assosiasi yang bergerak dalam pemberdayaan dan pengembangan Pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf saat menyampaikan sambutan pada acara Penandatanganan MoU antara Pemkab dan pada peritel modern Senin 8 Agustus 2022 di ruang pola kantor Bupati Bulukumba

“Pada kesempatan yang baik ini, perkenankan selaku Pemerintah Daerah memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terlaksananya kerjasama yang sudah lama kita nantikan bersama,” tuturnya di hadapan para pimpinan peritel modern dan sejumlah pelaku UMKM serta tamu undangan yang hadir. 

“Saya kira terobosan ini sangat strategis dalam rangka memantapkan hubungan kemitraan yang saling menguntungkan bagi Pemerintah Kabupaten Bulukumba dengan para peritel modern dalam rangka peningkatan promosi dan pemasaran produk UMKM dengan membangun pola kemitraan,”pungkasnya

Ini juga kata dia sejalan dengan visi Kabupaten Bulukumba dalam rangka mewujudkan masyarakat produktif yang berkarakter kearifan lokal menuju Bulukumba maju dan sejahtera.
“Pemerintah Kabupaten Bulukumba terus melakukan berbagai upaya untuk mendukung dan memajukan para pelaku UMKM secara konsisten sehingga kita bisa sampai pada tahapan kerjasama pola kemitraan ini,” jelas Bupati berlatar belakang pengusaha tersebut. 

Ia juga menyampaikan agar pelaku UMKM dapat melakukan peningkatan kualitas produk dengan berbagai pelatihan dan pendampingan  terkait dengan peningkatan produk, kemasan dan legalitas produk seperti sertifikasi halal produk, Standar Nasional Indonesia, Hak Atas Kekayaan Intelektual, Izin Pangan Industri Rumah Tangga serta jenis lainnya.

“Begitu juga dengan peningkatan kapasitas SDM bagi para pelaku UMKM dengan mengadakan pelatihan secara konsisten setiap tahunnya,” ujar orang nomor satu di Butta Panrita Lopi Bulukumba ini. 

“Harapan kita ke depan bahwa implementasi kegiatan ini ditindaklanjuti lebih kongkrit lagi dengan semakin banyaknya pelaku UMKM yang dapat melakukan kemitraan dengan para peritel modern,” harapnya. 

Foto bersama usai penandatanganan MoU antara Pemkab Bulukumba dan para peritel modern Senin 8 Agustus 2022 di ruang pola kantor Bupati Bulukumba

Tidak lupa juga Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba mengapresiasi dari manajemen PT. ODONESIA melalui aplikasi Ojek Pinisi telah melakukan promosi dan pemasaran produk UMKM secara elektronik atau E-Marketplace di Kabupaten Bulukumba.

“Kita berharap aplikasi E-Marketplace lokal Ojek Pinisi ini dapat tumbuh dan berkembang dan menjadi pionir dalam melakukan promosi dan pemasaran produk UMKM yang ada di Kabupaten Bulukumba,” harapnya. 

Ia juga berpesan agar pengalokasian dana CSR ritel modern diharapkan dapat dimaksimalkan dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan UMKM sehingga dapat lebih ditingkatkan dan dimaksimalkan lagi ke depannya.
“Semoga kerjasama ini terus ditingkatkan dan tumbuh bersama untuk Bulukumba yang lebih maju dan sejahtera,” tandasnya.