Pajak Hiburan Masih Jadi Andalan Sumber Pendapatan Daerah Makassar

Staf Ahli II Pemerintah Kota Makassar Ahmad Kafrawi saat memberi sambutan terkait sosialisasi kepatuhan wajib pajak daerah untuk pajak hiburan di Hotel Asyra Makassar, Selasa, 2 April 2019.Area lampiran

Terkini.id,Makassar – Staf Ahli II Pemerintah Kota Makassar Ahmad Kafrawi mengandalkan pajak hiburan sebagai sumber pajak daerah yang potensial. Pasalnya, pajak tersebut cukup besar sebagai salah satu sumber pendapatan daerah yang laju pertumbuhannya sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi daerah.

“Sudah selayaknya mengandalkan Pajak Hiburan sebagai salah satu sumber pajak daerah yang potensial,” kata dia di Hotel Asyra Makassar, Selasa, 2 April 2019.

Sebagai pusat perekonomian di Kawasan Timur Indonesia, Ahmad Kafrawi mengatakan, sudah selayaknya mengandalkan pajak hiburan sebagai salah satu sumber pajak daerah yang potensial.

Sehingga pemerintah daerah terus berupaya untuk menggali potensi yang ada, khususnya pajak hiburan. Secata umum, kata dia, perlu upaya  Pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pendapatan.

“Melalui optimalisasi intensifikasi pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga memaparkan cara-cara yang perlu ditempuh, antara lain.

  1. Memperbesar basis penerimaan tindakan yang dilakukan untuk memperbesar basis penerimaan yang dapat dipungut oleh daerah, yang dalam perhitungan ekonomi di anggap potensial.
  2. memperkuat proses pemungutan dan upaya yang dilakukan dalam memperkuat proses pemungutan.
  3. Meningkatkan pengawasan.
  4. Meningkatkan efisiensi administrasi dan menekan biaya pemungutan tindakan yang dilakukan oleh daerah.
  5. Meningkatkan kapasitas penerimaan melalui perencanaan yang lebih.
Berita Terkait
Komentar
Terkini