Bank Sulselbar Siapkan Skema Pembiayaan Talangan untuk Faskes Mitra BPJS Kesehatan

Terkini.id, Makassar – Bank Sulselbar mengembangkan produk pembiayaan supply chain financing (SCF) kepada sejumlah rumah sakit dan klinik mitra BPJS Kesehatan.

Bank Pembangunan Daerah ini menyiapkan bunga khusus untuk rumah sakit dan klinik yang bekerja sama. Besarannya 8,5 hingga 9 persen.

“Ini upaya kami untuk membantu menjamin pelayanan kesehatan agar maksimal. Sehingga tidak ada lagi risiko-risiko keuangan akibat klaim BPJS terlambat dibayar,” terang Direktur Utama Bank Sulselbar, HA Muhammad Rahmat di Hotel The Rinra, Rabu 26 Juni 2019.

Muhammad Rahmat telah menandatangani kerja sama pemberian fasilitas pembiayaan supply chain financing bagi faskes mitra BPJS Kesehatan, bersama Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso di Hotel Rinra.

Dengan produk supply chain financing tersebut, Bank Sulselbar akan memberikan fasilitas kredit kepada rumah sakit atau klinik mitra BPJS Kesehatan.

Fasilitas kredit tersebut diberikan sebagai dana talangan ketika klaim BPJS Kesehatan terlambat dicairkan karena proses yang panjang.

Sementara, pihak klinik atau rumah sakit sudah punya tagihan atas pelayanan yang diberikan.

“Skemanya adalah, rumah sakit atau klinik ini menunjukkan tagihannya untuk diverifikasi oleh pihak BPJS-Kesehatan. Kemudian kita akan berikan pembiayaaan sebesar 90 persen dari tagihan itu,” terang Muhammad Rahmat.

Keterlambatan Bayar Bisa 6 Minggu

Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Kemal Imam Santoso mengungkapkan rata-rata pembayaran klaim BPJS ke sejumlah klinik mengalami keterlambatan bayar hingga 6 minggu. Itu karena prosedur pencairan yang panjang.

“Kalau untuk Rumah Sakit, kapitasinya itu selalu tepat waktu setiap tanggal 15 kita bayar,” katanya.

BPJS Kesehatan saat ini membayar klaim rata-rata Rp 8 triliun per bulan ke sejumlah rumah sakit dan klinik.

Kemal mengungkapkan, karena BPJS kerap telat membayar klaim ke klinik, pihaknya meminta bantuan dari perbankan untuk membantu memberi fasilitas pembiayaan.

Plafon Pembiayaan

Direktur Pemasaran dan Syariah Bank Sulselbar, Rosmala Arifin, menyebutkan, sejauh ini Bank Sulselbar sudah memberi pembiayaan kepada beberapa rumah sakit seperti Rumah Sakit Faisal, RSUD Bantaeng dan beberapa rumah sakit lain.

“Plafon pembiayaannya bisa hingga Rp 4 miliar per bulan dengan jangka waktu pengembalian maksimal empat bulan,” katanya.

Terkait potensi pembiayaannya, Rosmala menyebutkan paling tidak ada 84 faskes mitra BPJS di Sulawesi Selatan yang berpeluang memanfaatkan fasilitas tersebut.

Berita Terkait
Komentar
Terkini