Palopo Urban Forum Tolak Rencana Pembongkaran Gedung Kantor Pos, Ini Alasannya

Palopo Urban Forum
Gedung Kantor Pos Palopo

Terkini.id, Palopo – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo untuk membongkar Gedung Kantor Pos Palopo dalam rangka pembangunan Pusat Kuliner dan oleh-oleh mendapat respon serius dari Palopo Urban Forum.

Melalui pernyataan sikapnya kepada Media, Minggu, 23 Juni 2019, Palopo Urban Forum meminta Pemkot Palopo dan Pihak Perencana untuk mempertimbangkan kembali rencana pembongkaran Gedung Kantor Pos Palopo.

Zulfikar selaku Koordinator Palopo Urban Forum memberikan pertimbangan bahwa bangunan Kantor Pos Palopo merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Perda Nomor 8 Tahun 2014.

Zulfikar juga merekomendasikan Pemkot Palopo untuk membentuk tim ahli cagar budaya Kota Palopo untuk membantu pemerintah dalam melestarikan bangunan-bangunan cagar budaya yang ada di Kota Palopo.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Amiruddin Akbar Fisu, salah seorang pegiat di Palopo Urban Forum.

“Pernyataan sikap tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian masyarakat Kota Palopo terhadap bangunan-bangunan cagar budaya, sekaligus juga merupakan saran dan masukan untuk pemerintah dalam melakukan pembangunan,” ujarnya.

Sebelumnya, beredar berita terkait rencana pembongkaran bangunan yang tersisa di Jalan Ahmad Yani tepatnya di depan Istana Kedatuan Luwu oleh pemerintah setempat dalam rangka persiapan lahan pembangunan pusat kuliner dan oleh-oleh.

Diketahui, proses pembongkaran akan dilakukan setelah Pemkot Palopo menemukan lahan ganti untuk pemindahan Kantor Pos.

Amiruddin: Bangunan-bangunan heritage merupakan warisan budaya yang harus dijaga

Amiruddin menyatakan bahwa merusak bangunan cagar budaya yang dilakukan dengan sengaja dapat dipidana dengan hukuman penjara maksimal 15 tahun dan/atau denda maksimal 5 miliar rupiah sesuai dengan peraturan UU No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Akademisi Fakultas Teknik Unanda itu juga menambahkan bahwa bangunan-bangunan heritage merupakan warisan budaya yang harus dijaga bersama-sama baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

Bahkan, kata Amiruddin, PBB telah membentuk UNESCO Sites, sebuah program yang bertujuan untuk melestarikan dan menjaga situs warisan budaya yang terdapat di berbagai negara di dunia.

“Artinya menjaga bangunan cagar budaya adalah hal yang penting untuk dilakukan, seperti pentingnya kita menjaga hutan agar tidak digunduli serta terbakar, atau menjaga lingkungan agar tidak tercemar,” tegasnya.

Palopo Urban Forum sendiri merupakan salah satu komunitas di Kota Palopo yang giat melakukan diskusi-diskusi public terkait dengan isu-isu perkotaan.

“Dalam waktu dekat kami juga akan kembali membuka diskusi publik dengan tema Cagar Budaya di Kota Palopo, mohon doanya agar kegiatan ini dapat terlaksana tanpa hambatan,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini