Parepare Masuk Nominasi Terbaik Kota Sehat Se-Indonesia Dengan Nilai Tertinggi

Terkini.id, Parepare – Pemerintah Kota Parepare kembali mendapatkan reward dalam melakukan pembinaan Kabupaten / Kota Sehat (KKS), tingkat nasional dengan meraih penghargaan Swastisaba Wistara dengan nilai tertinggi, dan Kota Parepare mampu berjajar bersama dengan enam Kabupaten Kota di Indonesia.

Keenam Kota dan Kabupaten yang berhasil masuk dalam Kabupaten Kota Sehat terbaik diantaranya Kota Parepare, Kota Bitung, Kota Semarang, Kota Solok, Kabupaten Lamongan, dan Kota Tangerang.

Penyerahan itupun diserahkan langsung Mentri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, didepan para tamu dan juga Kepala Daerah serta Gubernur yang ada di seluruh Indonesia, yang digelar di Sasana Bhakti Praja Gedung Kemendagri Jakarta, Selasa 19 November 2019.

Walikota Parepare, Taufan Pawe, mengatakan, Penghargaan Kota Sehat Swastisaba Wistara ini sudah kali ketiga diraih Pemerintah Kota Parepare sejak tahun 2015, 2017, dan 2019.

“Untuk tahun ganjil itu ditingkat nasional sementara untuk tahun genap itu digelar ditingkat Provinsi, dan selama tiga tahun ini juga ditingkat Provinsi kita selalu menjadi yang terbaik,” ungkap dia.

Taufan, menuturkan, jika pada tahun ini juga swastisaba Wistara berhasil lolos dengan nilai tertinggi ditingkat nasional, dan hanya ada enam Kabupaten Kota yang berhasil lolos dengan nilai tersebut.

“Ditingkat nasional ini hanya ada enam Kabupaten Kota yang berhasil meraih dengan nilai tertinggi tersebut, dan itu menjadi kebanggaan tentunya bagi masyarakat Kota Parepare, dan ini tidak lepas kerja-kerja semua pihak yang terlibat,” jelasnya.

Ketua Forum Kota Sehat Kota Parepare, Minhajuddin Ahmad, mengungkapkan, jika kota Parepare ini berhasil mengikuti enam tatanan dari tujuh sampai tatanan yang dilakukan penilaian Kota Sehat dengan Swastisaba Wistara.

“Kita tidak masukkan tujuh tatanan dalam penilaian Swastisaba Wistara ini, karena yang satunya terkait tambang sementara kita tidak punya tambang di Kota Parepare,” ungkap dia.

Sementara, Kepala Badan Peremcanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Parepare, Syamsuddin Taha, menuturkan, Pemerintah Kota Parepare dan tentunya kita di Bappeda sebagai tim pembina Kota Sehata di Kota Parepare, akan terus melakukan pembinaan dan bagaimana memperhatikan beberapa sektor khususnya dalam pengelolaan kota sehat di Kota Parepare ini.

“Sesuai arahan Walikota Parepare, beliau meminta agar apa kota sehat di Parepare ini terus dijaga dan juga menjadi perhatian, dan terpenting bagaimana berhasil merawat dan mempertahankan penghargaan yang telah diraih ini,” tuturnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini