Peduli Kemanusiaan, Mahasiswa Akuntansi UINAM Gelar Aksi Donor Darah

UINAM
Peduli Kemanusiaan, Mahasiswa Akuntansi UINAM Gelar Aksi Donor Darah

Terkini.id, Makassar – Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar (UINAM) melaksanakan kegiatan donor darah yang diadakan setiap tahun dalam rangkaian kegiatan Accounting Fair yang merupakan kegiatan milad jurusan Akuntansi.

Kegiatan Accounting Fair diadakan semenjak lahirnya jurusan Akuntansi di UIN Alauddin Makassar, tetapi rangkaian acara donor darah baru dimulai pada tahun 2017.

Kegiatan donor darah digelar pada hari Kamis, 14 November 2019, yang bertempat di ruang seminar lantai 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengusung tema “Donor darah sebagai wujud implementasi nyata dari kepedulian sosial”.

Kegiatan ini bekerja sama dengan pihak KSR PMI UIN Alauddin Makassar.

Kegiatan donor darah yang awalnya dimulai tahun 2017 ini ternyata memiliki banyak peminat, khususnya mahasiswa dari jurusan Akuntansi maka dibuatlah kegiatan ini menjadi kegiatan rutin tahunan.

Yang turut aktif berperan dalam menyukseskan kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Akuntansi yang diwadahi oleh himpunan mahasiswa jurusan Akuntansi yang biasa disingkat dengan HMJ.

“Saya melihat antusias yang sangat tinggi dari mahasiswa Jurusan Akuntansi dengan adanya kegiatan donor darah ini. Bisa dilihat antrian untuk donor darah sangat panjang dan kebanyakan yang mendonorkan darahnya dari jurusan Akuntansi,” kata Aswandi, selaku Penanggung Jawab kegiatan ini.

“Selain itu, mahasiswa dari jurusan lain juga ada yang ikut mendonorkan darah bahkan ada dari mahasiswa Unhas meskipun hanya beberapa orang. Mereka mendapatkan informasi dari mulut ke mulut yang disebar oleh teman yang berkuliah di UIN Alauddin Makassar,” sambungnya.

Menurut Muhammad Wira Alhusein, salah satu mahasiswa yang mendonorkan darah, yang membuatnya ingin mendonorkan darah adalah keinginan membantu sesama.

“Saya juga ingin mengeluarkan darah saya karena laki-laki tidak seperti perempuan yang setiap bulan mengeluarkan darah. Tanggapan saya dengan diadakannya kegiatan ini itu bagus karena sekarang lagi susah cari pendonor darah, jadi kegiatan ini lebih memudahkan untuk mendorong orang yang membutuhkan darah,” ujarnya.

Mahasiswa yang bersedia mendonorkan darah mendapat bingkisan yang berisi susu, biskuit, air, dan sakatonik yang disediakan oleh pihak KSR PMI UIN Alauddin Makassar.

Adapun syarat untuk mendonorkan darah yaitu tidak minum obat selama tiga hari berturut-turut kecuali suplemen atau vitamin, memiliki berat badan minimal 50 kg, tidak begadang, dan tidak dalam keadaan hamil atau menstruasi.

Citizen Reporter: Sitti Rahma Zain

Berita Terkait
Komentar
Terkini