Pemupukan rambutan untuk hasil yang maksimal

Merawat pohon rambutan yang ada dikebun praktik Polbangtan Gowa tentunya akan memberikan kita manfaat tentang bagaimana metode terbaik untuk mengelola pohon rambutan agar menghasilkan buah yang banyak dan berkualitas bagus tanpa ada gangguan hama penyakit yang menyerang.

Penggunaan pupuk yang tepat adalah salah satu unsur perawatan yang diperlukan. Pemupukan bertujuan memberikan tambahan nutrisi pada tanah, yang secara langsung maupun tidak langsung akan diserap oleh tanaman untuk metabolismenya.

Nutrisi yang dibutuhkan terdiri dari makronutrien seperti nitrogen, fosfor, dan kalium dan mikronutrien seperti unsur sulfur, kalsium, magnesium, besi, tembaga, seng dan lainnya.

Baca Juga: Dr. Syaifuddin: Kalian Harus Ikut Beri Sumbangsih untuk Keberhasilan Food...

Ir. Dahlan, MM, dosen Polbangtan Gowa menyampaikan bahwa pemupukan dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu melalui akar dan daun. Pemupukan melalui akar bertujuan memberikan unsur hara pada tanah untuk kebutuhan tanaman.

Pada umumnya pemberian pupuk melalui akar dapat dilakukan secara disebar (broadcasting), ditempatkan dalam lubang (spot placement), larikan atau barisan (ring placement). Sedangkan melalui daun, pemupukan dilakukan secara penyemprotan (spraying).

Baca Juga: Akomodir Kebutuhan Wirausahaan Muda Pertanian, YESS PPIU Sulawesi Selatan Gelar...

Untuk aplikasi pemupukan pada tanaman semusim dan tahunan berbeda. Pada tanaman tahunan seperti tanaman buah-buahan, kopi, teh, kakao, kelapa, dan lainnya menggunakan metode ring placement, ujarnya. (Mus)

Sponsored by adnow
Bagikan