Tak Hanya Hambalang, Berikut Daftar Pembangunan Mangkrak di Kalimantan Akibat Ulah Koruptor, Warganet Sindir Kepemimpinan SBY

Terkini.id, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini tengah menyoroti sejumlah proyek pembangunan infrastruktur yang mangkrak di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Direktorat Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah IV .

“KPK mendapati sejumlah proyek dan aset mangkrak serta tidak dimanfaatkan.”kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding dilansir dari laman Suara pada Rabu, 22 Juni 2022.

Menurut keterangan lpi, diantara aset tersebut ialah Jalan Bung Karno yang terletak di Desa Juaq Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat.

Baca Juga: Tersangka Kasus Suap di Pemkab Mamberamo Tidak Hadir Saat Dipanggil,...

Jalan Bung Karno tersebut membelah Bukit Mencelew dan memiliki peran penting sebagai jalur pendekat bagi masyarakat Kecamatan Tering menuju Barong Tongkok sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Kutai Barat.

“Proyek ini mulai dikerjakan sejak 2012 dan hingga tahun 2022 proyek tersebut belum selesai. Dari data yang KPK terima proyek tersebut telah menelan dana sekurangnya Rp582 miliar,” kata Ipi.

Baca Juga: KPK Memanggil Kepala Perwakilan Regional Alfamidi Tersangka Penyuap Wali Kota...

Selain itu, terdapat pula pembangunan Pelabuhan Royoq di wilayah Hulu Mahakam, Kecamatan Melak, Kabupaten Kutai Barat yang pengerjaannya dimulai dari 2009 hingga 2011 lalu dilanjutkan tahun jamak tahap II pada 2012-2015. Proyek pembangunan ini telah menghabiskan anggaran sekitar Rp58,5 miliar.

“Namun, sampai dengan tahun 2022 proyek tersebut belum selesai,” ujar Ipi.

Selanjutnya, pembangunan Jembatan Aji Tullur Jejangkat (ATJ) sepanjang 1.040 meter. Proyek itu dilakukan dengan tujuan memangkas jarak tempuh 100 kilometer dari arah Samarinda-Kutai Barat dan sebaliknya. Proyek mulai dikerjakan sejak 2012 dan telah menyerap anggaran lebih dari Rp300 miliar dan saat ini, proyek tersebut tidak dilanjutkan.

Baca Juga: KPK Memanggil Kepala Perwakilan Regional Alfamidi Tersangka Penyuap Wali Kota...

Menanggapi adanya hal ini, warganet turut memberi komentar di media sosial.

“Jaman Pak SBY, kata Bani kendil ada bangunan mangkrak yaitu candi Hambalang. Coba tebak²an : Kira² candi yg di Kalimantan mangkrak atau tidak? Karena selain ditinggal investor, kabarnya kita juga harus ikut nyawer” tulis akun @tr35na.

“SBY10 th.kepemimpinan bpk apa mengenal moral.banyak rakyat yg mau mencoba bunuh diri masalah century, ribuan rakyat masih terlantar sampai sekarang atas tragedi porong sidoarjo, pembabatan hutan di kalimantan, bangunan hambalang mangkrak sadar pak” tulis akun lain @muhsuriyanto12.

Bagikan