Pemicu Penyakit Diabetes, Jenis Makanan dan Minuman Ini Perlu Dihindari

Makanan dan Minuman Pemicu Penyakit Diabetes. Sumber : kompas.com

Terkini.id, – Penyakit diabetes merupakan penyakit yang berlangsung jangka panjang (kronis), ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah di atas nilai normal. Penyakit ini disebabkan beberapa hal salah satunya dipicu karena kesalahan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu berkepanjangan.

Penyakit diabetes mellitus atau lebih dikenal kencing manis menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat karena menimbulkan komplikasi berbahaya .

Selain memunculkan komplikasi berbahaya juga mengakibatkan kematian mendadak bagi penderitanya.

Komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit ini seperti luka sulit sembuh, kebutaan, penyakit jantung dan stroke, penyakit gigi, kerusakan ginjal , kerusakan syaraf,  penyakit kanker, melemahnya daya ingat dan penurunan daya tahan tubuh.

Ada beberapa faktor menjadi pemicu penyakit diabetes mellitus, salah satunya adalah kesalahan dalam memilih menu makanan harian.

Menarik untuk Anda:

Banyak orang tahu bahwa mengonsumsi makanan dan minuman yang manis dapat memicu diabetes.

Namun, banyak yang tidak menyadari beberapa makanan jenis lain juga menjadi penyebab penyakit kronis ini.

Seiring bertambahnya usia, obesitas,   memiliki faktor risiko penyakit diabetes serta punya riwayat keluarga diabetes mellitus menjadi perlu perhatian khusus dalam memilih menu makanan.

Jenis makanan pemicu diabetes adalah makanan yang menyebabkan kadar gula darah tinggi sehingga mengganggu produksi insulin di dalam tubuh.

Jenis makanan yang perlu diwaspadai dan perlu dikurangi porsi atau disesuaikan dengan kebutuhan harian adalah sebagai berikut :

1. Hindari Makanan Tinggi Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi penting bagi tubuh, tetapi bagi mereka yang memiliki faktor risiko diabetes harus bisa mengatur porsi karbo dalam menu harian.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Mengenal Sinovac, Perusahaan Tiongkok yang Kirim Vaksin Covid-19 ke Indonesia

Orangtua Perlu Tahu, Ini Cara Agar Anak Tak Stress Hadapi Pandemi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar