Pemindahan Ibu Kota Ciptakan Peluang Baru bagi Sulsel

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah.

Terkini.id — Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah mengungkapkan pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) akan memberikan peluang bagi Sulsel untuk meningkatkan roda perekonomian.

Menurutnya, Sulsel sebagai salah satu provinsi yang dekat dengan Kaltim. Tidak dengan bermigrasi tetapi menjadi penyangga kebutuhan untuk Kaltim, seperti pangan, buah-buahan dan sayur-mayur.

“Yang harus kita pikirkan sekarang apa kontribusi Sulsel ke Kaltim. Ibu kota yang baru, apa kontribusi kita yang paling ideal. Bagi kita adalah kita harus siap untuk menjadi penyangga pangan, buah-buahan sayur-sayuran,” kata Nurdin Abdullah di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis 29 Agustus 2019.

Apalagi sejauh ini Sulsel dikenal sebagai lumbung pangan nasional. Olehnya itu, Sulsel harus berbenah untuk meningkatkan hasil produksi, apalagi kedepannya kebutuhannya akan semakin besar.

“Ini menguntungkan kita sebenarnya. Karena yang pertama kita tetangga yang paling dekat. Pasti kita sebagai daerah sektor pertanian ini akan mendapat manfaat yang sangat besar,” ungkap Mantan Bupati Bantaeng ini.

Selain itu, di Kaltim jumlah orang Sulsel sudah sangat besar. Sehingga Ia menyarankan untuk tidak bermigrasi, karena peluang di Sulsel juga sangat besar baik dari sisi ekonomi dan investasi.

“Orang Sulsel itu sudah banyak di Kaltim, jadi kalau saya jangan terlalu kita besar-besarkan dulu,” ucapnya.

Apalagi terkait hal ini masih butuh waktu lama, walaupun wacana pemindahan ibu kota juga lama. Pemindahan ini butuh proses yang panjang untuk anggaran dan perencanaan.

“Jadi saya berharap jangan kita terlalu menyikapi dulu. Kita lihat perkembangan,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini