Pemkab Bulukumba Canangkan Pembangunan Zona Integritas

Terkini.id, Bulukumba – Pemerintah Kabupaten Bulukumba mencanangkan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Pencanangan itu diikuti oleh para Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Bulukumba di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin 27 Desember 2021.

Pencanangan ini dimaksudkan sebagai upaya pencegahan pemberantasan korupsi serta menambah wawasan bagi pembuat kebijakan dan semua unit kerja terkait dengan implementasi pembangunan zona integritas dan reformasi birokrasi.

Baca Juga: Diduga Melakukan Korupsi, Mantan Ketua KPUD Kota Depok Ditahan di...

Hal tersebut turut mendapatkan apresiasi Bupati Muchtar Ali Yusuf, dimana ini merupakan pencanangan zona integritas yang pertama kalinya di lingkungan Pemkab Bulukumba sehingga diharapkan pencanangan tersebut dapat membangun kepercayaan publik terhadap birokrasi Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang berkomitmen tinggi dalam upaya pencegahan dan pemberantasan segala tindakan korupsi.

Begitu juga terkait tata kelola Pemerintahan yang baik serta kinerja layanan publik dengan memberikan pelayanan prima, tambah Andi Utta sapaannya, akan menjadi kunci bagi keberhasilan pencegahan korupsi di Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga: Pemkab Bulukumba Duet Peritel Modern dan Platform Digital Ojek Pinisi...

“Pemda Bulukumba harus memiliki komitmen yang kuat dalam bekerja dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, sebagaimana yang menjadi misi pemerintah daerah meningkatkan tata kelola Pemerintahan dan kinerja layanan publik,” ujar Andi Utta.

Lebih lanjut Bupati berlatar belakang pengusaha itu mengatakan pemerintah daerah harus melakukan berbagai upaya dalam menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintah dengan melakukan langkah pencegahan bagi aparatur untuk melakukan korupsi, yakni dengan membangun sistem dan tata kelola pemerintahan yang professional.

“Salah satu upaya tersebut adalah bagaimana melakukan komitmen awal melalui Pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM,” bebernya.

Baca Juga: Pemkab Bulukumba Duet Peritel Modern dan Platform Digital Ojek Pinisi...

Sementara itu, Wabup Andi Edy Manaf  memaparkan, setidaknya ada 10 poin yang harus dipenuhi guna mewujudkan pembangunan budaya pelayanan prima.

10 hal tersebut kata dia adalah menetapkan regulasi untuk membangun komitmen, menetapkan kode etik pelayanan prima, membuat pernyataan komitmen, mendeklarasikan komitmen, menetapkan target-target setiap unit kerja, melakukan pelatihan.

1 2
Selanjutnya
Bagikan