Pemkot Makassar Buka 526 Formasi CPNS 2019, Cek Alokasinya

Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb mengklaim telah menerima dokumen formasi jabatan dari Kemenpan-RB.

Terkini.id, Makassar –  Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb mengklaim  telah menerima dokumen formasi jabatan dari Kemenpan-RB. Ia pun memaparkan bahwa dari usulan formasi jabatan CPNS 2019, pemerintah kota mendapatkan 526 kuota.

“Ada 526 formasi kita (CPNS Kota Makassar) dan dominannya itu adalah tenaga pendidikan.

Selain guru, ada juga beberapa tenaga kesehatan begitu pula dengan tenaga-tenaga teknis,” ujar Iqbal di Balai Kota Makassar, Senin, 21 Oktober 2019.

Dia pun mengimbau masyarakat yang nantinya bakal mengikuti CPNS untuk mempersiapkan diri dengan baik. Ia melarang untuk menggunakan jasa calo dan menganjurkan mengikuti mekanisme standar.

“Kita hindari itu (calo). Kita pakai sesuai dengan mekanisme standar. Kalau sesuai dengan mekanisme standar, maka tidak akan ada calo.

“Jangan percaya sama calo. Intinya, belajar saja dan kalau mau bagus, di mana-mana sudah ada bank soal. Ada pelatihan-pelatihan. Ke toko buku sudah banyak itu buku tes CPNS. Itu cukup,” kata dia.

Plt Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Makassar Sittiara Kinang merincikan bahwa dari 511 yang diusulkan, Kota Makassar mendapat kuota sebanyak 526 dari Kemenpan-RB secara keseluruhan.

“Yang sebenarnya kita usulkan kemarin itu 511. Jadi 526 itu ada 2 lampiran keputusan dari Kemenpan-RB,” kata dia.

Dari usulan formasi pemerintah kota sebanyak 511, Sittiara mengatakan Kemenpan-RB hanya memenuhi 194. Namun, kata dia, Kemempan-RB memberikan keputusan secara nasional untuk semua daerah.

“Makassar mendapatkan 332 dan hal itu berdasarkan keputusan Kemenpan-RB. Keputusan Kemenpan-RB terkait usulan itu, dia cuma memberikan kita 194,” ungkapnya.

Dia mengatakan dari 511 permintaan, pemerintah kota mendapat guru sebanyak 92, tenaga kesehatan berjumlah 31 orang, dan tenaga teknis seluruhnya 71.

“Tetapi dari keputusan Kemenpan-RB itu kita mendapatkan jatah guru itu 305, kesehatan 5, dan teknis 22,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini