Penanganan Pandemi Corona, Pemkot Makassar Bentuk Tim Gugus Tugas Percepatan

Pemkot Makassar
Penanganan Pandemi Corona, Pemkot Makassar Bentuk Tim Gugus Tugas Percepatan

Terkini.id, Makassar – Penjabat Wali Kota Makassar, M Iqbal Samad Suhaeb terus bergerak untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di Kota Makassar.

Iqbal kembali menerbitkan Surat Keputusan Wali Kota Makassar ihwal pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Ketua Tim Sekertaris Kota Makassar, Muhammad Ansar dengan membawahi sejumlah elemen, seperti Public Safety Centre 119, PMI , IDI, PPNI, Persakmi, Forum CSR, Ormas, UNICEF, swasta, serta seluruh jajaran di lingkup Pemkot Makassar.

“Kita merespon perintah Bapak Presiden (Jokowi) untuk membentuk Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Virus Covid 19 di daerah. Alhamdulillah teman-teman disini memberi respons yang luar biasa, baik itu PMI, IDI, UNICEF dan lain-lainnya. Makanya hari ini kita langsung berkumpul sekaligus menggelar rapat perdana untuk menyusun langkah-langkah strategis yang dilakukan,” ujar Iqbal usai memimpin rapat di ruang rapat Sekkot Makassar, Selasa, 17 Maret 2020.

Gugus Tugas ini bekerja menciptakan percepatan penanganan dengan mengambil langkah cepat, tepat, fokus, terpadu dan sinergi antar seluruh elemen sebagai bentuk kewaspadaan dan kesiapsiagaan kedaruratan kesehatan masyarakat terhadap ancaman penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Muhammad Ansar menjelaskan bahwa pihaknya akan masif melakukan pertemuan secara online untuk menghindari terjadinya kerumunan.

“Tim sudah terbentuk, selanjutnya dalam waktu cepat kita langsung bekerja sesuai dengan bagian tugas masing-masing. Tadi dalam pertemuan sudah banyak masukan, memetakan persoalan, mengukur potensi kita, termasuk siapa melakukan apa,” kata dia.

“Lebih detailnya akan kita bicarakan lagi secara teknis, namun komitmen kita bergerak cepat, tepat, termasuk menjaga ketenangan warga dari aliran informasi yang meresahkan,” sambungnya.

Di tempat terpisah, usai melakukan pertemuan dengan seluruh tim Gugus Tugas, Iqbal selanjutnya menggelar rapat koordinasi terbatas dengan seluruh pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Makassar.

Hadir diantaranya Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol. Yudhiawan, Komandan Kodim 1408/BS Makassar Kol (Inf) Andriyanto SE, serta perwakilan Kejaksaan Negeri Makassar.

Ansar yang juga hadir dalam rapat terbatas itu menjelaskan bahwa pertemuan ini membahas situasi terkini di Makassar termasuk membangun beberapa pola kordinasi dalam menciptakan Makassar agar tetap tenang dan memastikan segala kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi.

“Banyak hal yang dibicarakan terkait kesiap-siagaan dalam melakukan pencegahan penyebaran Virus Covid 19 di Makassar. Contoh saja di kepolisian, mereka saat ini dalam kewaspadaan penuh, termasuk menyiapkan tim khusus yang bisa bergerak setiap saat. Mereka memiliki peralatan yang sangat memadai, misalnya alat penyemprotan disinfektan yang bisa digunakan mensterilkan ruang-ruang publik yang dianggap rawan,” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Cegah Corona, PMI Makassar Semprot Disinfektan Dua Perumahan Dosen

Gandeng PMI Makassar, PT Bintang Salurkan 1000 APD ke Sejumlah RS

DPRD Makassar Alokasikan Rp10 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

KM Lambelu Dikarantina 2 Mil Dari Dermaga Makassar

Pemkot Makassar Belum Terapkan PSBB, Ini Tanggapan Ketua DPRD

Hindari Politisasi Penyaluran Bantuan Dampak Covid-19

Jurnalis distribusikan APD di 11 Kecamatan Kota Makassar

PMI Makassar Semprot Disinfektan Balai Kota

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar