Penjabat Walikota Iqbal Soroti Metode Tenaga Pendidik 

Seminar Pengembangan Pendidikan Dasar 2019 di Hotel Ramedo, Selasa, 20 Agustus 2019.

Terkini.id, Makassar – Penjabat Wali Kota Makassar khawatir bila tenaga pendidik memaksakan kehendak sesuai dengan keinginannya terhadap pendidikan anak. Ia mengatakan, persaingan nilai menjadi acuan berhasil tidaknya seorang anak.

“Tenaga pendidik harusnya berpikir bagaimana membentuk karakter anak agar dapat berkolaborasi dalam persaingan dewasa ini. Menjadikan anak menjadi pemberani dan siap bersaing dalam kebersamaan itu yang paling utama,” kata dia saat membuka seminar Pengembangan Pendidikan Dasar 2019 di Hotel Ramedo, Selasa, 20 Agustus 2019.

Iqbal mengemukakan bahwa nilai hanya sekadar angka. Namun, kata dia, poin paling penting adalah predikat dan kebanggaan.

Menurut Iqbal, yang paling utama dari pendidikan, yakni membentuk karakter dan kepribadian anak menjadi orang jujur, sigap, dan cekatan.

“Ini yang harus menjadi sorotan utama para tenaga pendidik kita,” ungkap Iqbal.

Ketua DPRD Kota Makassar Farouk M Beta yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar mengatakan perlunya peningkatan SDM tenaga pendidik yang dibarengi dengan perbaikan infrastruktur yang memadai.

“Sekarang kita berada di era digital, serba milenial. Perkembangan zaman ini harus jalan beriringan dengan kualitas tenaga pendidik kita,” kata dia.

Ia menyebut pendidik harus mampu berada di waktu sekarang, mengembangkan skil dan metode pengajaran supaya anak didik bisa belajar sesuai eranya.

“Belajar tidak boleh monoton dan harus  disesuaikan dengan prasarana yang ada,” jelas Farouk.

Ia mengamati bahwa masih banyak yang perlu dibenahi dalam dunia pendidikan di Kota Makassar. Ia berharap tercipta metode pembelajaran yang tidak monoton, fleksibel, terarah, dan sesuai aturan yang ada.

Berita Terkait
Komentar
Terkini