Penjual Kacang Rebus Keberadaannya Semakin Tergerus

Terkini.id- Makassar, Hujan membasahi jalanan Kota Makassar siang itu, namun derasnya hujan disertai sambaran petir yang sesekali mengeluarkan suara dan kilatan, Tidak menyurutkan niat lelaki paruh baya ini menjajakan barang dagangannya.

Perlahan cakrawala berangsur cerah membawa tanda hujan sebentar lagi akan berhenti menumpahkan airnya ke bumi ini.

Para pemotor yang berteduh perlahan bergegas nampak memenuhi ruas jalan. Begitupun dengan lelaki yang satu ini.

Baca Juga: Tayang di Bioskop Hari Ini, Produser dan Pemain Film Wanalathi...

Sosok Pria yang mempunyai ciri khas dalam berjualan memakai sepeda motor serta bermodalkan tenda payung yang sederhana. Akrab dipanggil Mustari Kacang , lelaki paruh baya ini bermukim di Kabupaten Maros, Kecamatan Tanralili, Dusun Tombolo Salomatti.

Dikaruniai 4 ( Empat) anak serta cucu yang ada 6 ( Enam) orang, Sangatlah akrab dengan para pelanggannya yang biasa singgah di kedai sederhana kepunyaan Mustari ini yang berlokasi di Jalan Poros Perintis Kemerdekaan KM 18, searah dengan Swalayan Citra Sudiang.

Baca Juga: Ayo Daftar, Terkini.id Buka Kesempatan Menjadi Conten Creator hingga Videografer

Penjual kacang rebus makin terdegradasi dengan hadirnya berbagai macam camilan yang kekinian, namun hal ini tetap menjadi tantangan ditangan Tata Mustari.

Dahulu banyak kita jumpai penjual kacang tanah yang telah siap saji. Memakai sepeda kumbang serta keranjang serta lampu minyak di belakang sang penjual.

Baca Juga: Ayo Daftar, Terkini.id Buka Kesempatan Menjadi Conten Creator hingga Videografer

Kemudian beralih ke gerobak serta memakai lampu petromax dan dilengkapi juga dengan telur bebek rebus.

Namun saat sekarang ini , para penjaja kacang tanah rebus lambat laun makin meredup seiring era disrupsi , era dimana kecepatan dan kebutuhan hidup sangat dinamis perputarannya dalam ruang akses digital.

Semua makin berubah dan perubahan dalam pola produksi barang dan jasa, Sangatlah dibutuhkan jika ingin tetap eksis dalam keseharian.

Bermodalkan kacang rebus dan literan manual menjadi pemandangan sehari-hari yang dijumpai oleh para pelanggannya.

Ketika ditemui di lapak jualannya, rahasia resep sehingga kacang rebusnya nikmat di konsumsi karena diolah secara tradisional serta memakai bahan baku yang tergolong masih segar.

Dengan harga berkisar 5000 rupiah per kg, sangat bersahabat di kantong Masyarakat yang merindukan camilan tradisional kacang rebus nan gurih.

Camilan ini juga merupakan suatu yang wajib ada disajikan bersama ditemani pisang rebus yang masih mengeluarkan kepulan asap dan secangkir kopi.

Dilansir dari laman Wikipedia, Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah Brazillia, sekarang telah tersebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis.

Masuknya kacang tanah ke Indonesia pada abad ke-17 diperkirakan karena dibawa oleh pedagang-pedagang Spanyol, Cina hingga Portugis sewaktu melakukan pelayarannya dari Meksiko ke Maluku setelah tahun 1597.

Pada tahun 1863 Holle memasukkan Kacang Tanah dari Inggris dan pada tahun 1864 Scheffer memasukkan pula Kacang Tanah dari Mesir.

Sekedar diketahui, kudapan kacang ini rebus ini mengandung Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium.

Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging telur dan kacang soya.

Mempunyai rasa yang gurih sehingga banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue hingga sebagai campuran beberapa kuliner lokal di Indonesia.

Sebutlah beberapa makanan khas di Indonesia, mulai dari gado gado, coto makassar, bakpao isi kacang, terang bulan hingga kacang telur.

Kacang tanah juga dikabarkan mengandung bahan bahan yang dapat membuat ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit.

Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dikabarkan dapat mencegah penyakit jantung.

Bekerja meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

Mengkonsumsi segenggam kacang tanah yang telah diolah setiap hari terutama bagi yang mengalami gangguan kencing manis dapat membantu kekurangan zat yang diperlukan.

Juga mengandung Arginin yang dapat merangsang tubuh untuk memproduksi Nitrogen Monoksida yang berfungsi untuk melawan bakteri tuberkulosis.

Rindu akan ciri khas rasanya, silahkan sambangi para pedagang kacang tanah yang tersebar di berbagai wilayah Kota Makassar ini.

Jangan lupa siapkan pisang plus sepiring kacang rebus, dijamin pembaca yang budiman dapat sejenak melupakan kepenatan rutinitas sehari-hari.

Bagikan