Makassar Terkini
Masuk

Penonton Takjub Menyaksikan Toraja International Festival 2021 di Rante Buntu Pempon

Terkini.id, Toraja – Gelaran Toraja International Festival (TIF) ke-9 Tahun 2021 berhasil menampilkan kesenian tradisional Toraja dan Sulawesi Selatan yang sangat menakjubkan, di Rante Buntu Pempon, Malakiri, Kecamatan Balusu, Kabupaten Toraja Utara, 4 September 2021.

Persembahan grup-grup kesenian yang
tampil dalam Toraja International Festival ke-9 tersebut merupakan grup-grup kesenian yang secara turun-temurun masih menjaga kelestarian dan keasliannya dalam menampilkan  musik dan tarian khas Toraja dan Sulawesi Selatan.

Kemenparekraf bersama bapak Bupati Toraja Utara, Johanis Bassang (Ombas) membuka pelaksanaan Toraja International Festival ke-9 Tahun 2021

Event yang mengusung tema “The  Beauty of Ancient Civilization” (Indahnya Peradaban Purba) Toraja International Festival (TIF) 2021 ini, berhasil memikat penonton yang sempat hadir langsung di lokasi acara.

Pementasan indahnya peradaban purba dalam festival ini merupakan pertunjukan yang mengkolaborasikan antara seni budaya yang ada di Toraja dan juga yang berasal dari luar Toraja.

Meskipun digelar di tengah Pandemi Covid-19, tetapi penyelenggara Bena menerapkan protokol kesehatan, dimana pengisi acara melakukan pemeriksaan kesehatan.

Salah seorang penonton asal Makassar berpose di depan panggung pagelaran

Walaupun acara belum dimulai, antusiasme penonton untuk menyaksikan pentas tahunan ini terbilang sangat besar. Sejumlah pengisi acara, seperti Ondo Sammalele, Gellu Tungga, Tomina Duo, Karombi dan kesok-kesok, Ma’nganda, Didgeridoo, Ma’ dandan, Ma’nimbong, Ma’lambuk, Ma’pelle, Ma’daga, tarian Pepe pepeka ri Makka.

Toraja International Festival ke-9 Tahun 2021

Berdasarkan pantauan terkini.id, peserta berhasil memerankan setiap karakter yang dimainkan pada gelaran spektakuler tersebut. Alur cerita, koreografi, musik dan tarian berpadu menghasilkan pertujukan yang begitu elegan.

Beberapa penonton memberikan komentarnya terkait penyelenggaraan event yang telah masuk sebagai top event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Salah seorang presenter salah satu televisi, Dara mengatakan Toraja Internasional Festival (TIF) merupakan salah satu upaya untuk mengangkat budaya dan juga musik Toraja menjadi lebih keren sekali.

Kolaborasi kesenian dan kebudayaan di panggung Toraja Internasional Festival

“Keren sekali. Apalagi ada beberapa musik Toraja yang hanya orang tua saja yang tau memainkannya seperti Ma’pelle yang pemainnya didatangkan langsung dari Sesean Soloara, jauh di atas gunung,”bebernya.