Perdana Penanganan Corona, Pemkab Gowa Gelontorkan Anggaran Rp7 Miliar untuk BLT

Terkini.id, Gowa – Pemerintah Kabupaten Gowa menggelontorkan anggaran sebesar sebesar Rp7 miliar melalui dana desa untuk tahapan perdana penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke 121 desa baik di wilayah dataran tinggi maupun dataran rendah.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gowa, Muh Asrul saat rapat teknis pendistribusian bantuan sosial bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Gowa, di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Rabu 29 April 2020.

“Besaran anggaran yang akan disalurkan pada tahap pertama ini sekitar Rp7 miliar. Dana ini diambil dari pengurangan anggaran di setiap desa,” katanya.

Baca Juga: Berbagi Cinta Kasih Lewat Kedai Bakso Rusuk Tjoss

BLT Desa ini kata dia akan diperuntukkan kepada 11.666 kepala keluarga (KK) yang dinilai memenuhi syarat dan terkategori sebagai warga kurang mampu atau rentan.

“Insya Allah, Kamis besok cair uangnya dan Jumat paling lambat sudah bisa disalurkan kepada yang menerima sesuai dengan Peraturan Kepala Desa,” katanya.

Baca Juga: Pandemi COVID-19 Masih Ada, BNN Mengungkapkan Pengguna Narkoba Meningkat

Untuk saat ini, kata Asrul data penerima sekitar 11.666 KK, hanya saja masih akan dilakukan penambahan ataupun pengurangan sesuai dengan peraturan yang sudah dibuat oleh desa.

“Perubahan data dianggap bisa dilakukan jika masih ada data di lapangan yang doble atau bahkan masih ada warga yang terkategori tapi belum dimasukkan,” tuturnya.

Selain BLT Desa, lanjut Hasrul, pemerintah daerah juga akan menyiapkan paket sembako di setiap desa untuk mengantisipasi jika ada yang belum terdata.

Baca Juga: Pandemi COVID-19 Masih Ada, BNN Mengungkapkan Pengguna Narkoba Meningkat

“Ada 100 paket sembako yang kita siapkan di setiap desa sebagai upaya pencegahan Covid-19. Ini juga untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni yang memimpin rapat tersebut berharap penyaluran bantuan kepada masyarakat terdistribusi dengan baik agar pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Gowa juga berjalan dengan baik.

“Kerjasama antara kapolsek, danramil, camat dan jajaran ke bawah harus dilakukan agar pendistribusian bantuan ini bejalan dengan baik,” terangnya.

“Mari kita bantu bapak bupati dengan keikhlasan dan ketulusan sehingga PSBB ini berjalan dengan baik, lancar dan pandemi dapat cepat berakhir,” tutup orang nomor dua di Gowa ini.

Bagikan