Peringati Hari Air Sedunia, DPD KAKPN Sulsel Gelar Aksi Bersih di Pantai Kuri Maros

KAKPN Sulsel
Peringati Hari Air Sedunia, DPD KAKPN Sulsel Gelar Aksi Bersih di Pantai Kuri Maros

Terkini.id, Maros – Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia atau World Water Day yang diperingati setiap tanggal 22 Maret, Dewan Pimpinan Daerah Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (DPD KAKPN) Sulsel sebagai organisasi kepemudaan di bawah Kemenpora menyelenggarakan kegiatan SIAGA (Aksi Jaga Air) Nusantara Sulsel.

Kegiatan ini dilakukan dengan aksi bergotong royong membersihkan Pantai Kuri, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu 23 Maret 2019.

Dalam aksi membersihkan pesisir pantai, KAKPN Sulsel juga bekerjasama dengan beberapa Komunitas Pecinta Alam Maros, mahasiswa KKN STAIN DDI Maros, Petugas Dinas Kebersihan, dan melibatkan Volunteer Pemuda Sulsel yang sadar akan pentingnya air bagi kehidupan.

Kurang lebih sekitar 110 Volunteer turun langsung membersihkan pesisir Pantai Kuri. Kegiatan ini juga merupakan pasca program kegiatan nasional Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Pasigala 2018 seluruh Indonesia dari program kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia (Kemenpora).

Setelah program KPN, diadakanlah program pengabdian pasca layar dengan tema “Jaga Air Nusantara (SIAGA Nusantara), di setiap provinsi dengan tema yang sama pada tahun ini, dimana sebelumnya dengan tema yang berbeda di seluruh provinsi di Indonesia karena dengan dilaksanakannya memperingati Hari Air Sedunia.

“Karena tanggung jawab lingkungan bukan hanya dari kita alumni KPN, jadi kami mengajak pemuda pemudi Sulsel yang sadar akan pentingnya kebersihan air dan bumi untuk bergabung bersama kami membersihkankan pesisir pantai kuri ini,” ungkap Andi Rafiqa Faradiyah, Alumni KPN Sail Pasigala 2018 selaku Ketua Panitia.

Fiqa sapaan akrabnya, menambahkan, karena lagi marak-maraknya sampah plastik, pihaknya berinisiatif untuk membersihkan laut dan menghasilkan dua truk sampah.

“Walaupun kurang, tapi setidaknya kita sudah bergerak, adami sesuatu yang dilakukanlah,” ujarnya.

Himbauan Volunteer DPD KAKPN Sulsel

Tidak tersedianya sarana pengangkut sampah, kata Fiqa, mengakibatkan masyarakat sekitar membuang sampah di pinggir pantai.

“Sehingga, volunteer pemuda mengingatkan masyarakat bahwa air adalah bagian paling penting dari kehidupan. Maka kegiatan yang diadakan yakni aksi membersihkan pantai, mengedukasi masyarakat pesisir dan pemasangan papan edukasi,” terangnya.

Salah satu volunteer yang turut serta, Asrianti Putri Lestari mengatakan, masyarakat harus memikirkan masa depan bangsa Indonesia dan masa depan anak cucu kita.

“Di mana ingin tinggal jika Indonesia dipenuhi dengan sampah,” tanyanya.

“Kita sebagai generasi muda, jadi kalau bukan kita yang berperan aktif dalam kegiatan ini siapa lagi. Kita pikirkan masa depan Bangsa Indonesia bagaimana 5 tahun ke depan itu kita tidak tahu kalau misalnya Indonesia dipenuhi dengan sampah,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini