Peringati Hari Kesaktian Pancasila, ASN Kementerian LHK Sulsel Gelar Upacara

LHK Sulsel
Peringati Hari Kesaktian Pancasila, ASN Kementerian LHK Sulsel Gelar Upacara

Terkini.id, Makassar – Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lingkup (LHK) Sulawesi Selatan serentak melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Sabtu, 1 Juni 2019, di Halaman Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar.

Upacara pengibaran kali ini dihadiri segenap Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Sulawesi Selatan, di antaranya P3E Suma, Balai Pendidikan dan Pelatihan LHK Makassar (BDLHK), Balai Penegakan Hukum Wilayah Sulawesi (Gakkum), Balai PPI dan Karhutlah Wilayah Sulawesi, serta BPHP Wilayah XV Makassar.

Selain itu turut hadir pula, BP2LHK Makassar, SMK Kehutanan Negeri Makassar, BPTH Wilayah Sulawesi, Balai PSKL Wilayah Sulawesi, BBKSDA Sulawesi Selatan, BPKH Wilayah VII Makassar, BPDAS Jeneberang Saddang dan Balai TN Bantimurung Bulusaraung.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Danil Lebang selaku Kepala BPDAS Jeneberang Saddang Hutan Lindung (BPDAS HL).

Pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh siswa-siswi SMK Kehutanan Negeri Makassar. Usai pengibaran bendera, Inspektur Upacara berkenan membacakan pidato seragam Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Sambutan Kepala BPIP

Disebutkan dalam sambutan seragam tersebut, sesuai pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan.

“Pertama kita berusaha mengenang sejarah fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa,” kata sambutan Kepala BPIP sebagaimana dibacakan Kepala BPDAS Jeneberang Saddang HL, Danil Lebang.

“Sebagai bangsa besartentu tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah disebut ‘jas merah’,” sambungnya.

Kedua, lanjut Danil, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

“Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” terangnya.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, kata dia, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Secara keseluruhan upacara berjalan lancar dan khidmat. Setelah pasukan dibubarkan, para peserta upacara kemudian berfoto bersama guna mengabadikan moment Kelahiran Pancasila.

Berita Terkait
Komentar
Terkini