Perjalanan Kesuksesan Pizza Hut yang Mendunia

today.com
Pizza Hut Original Pizza. Today.com

Terkini.Id, Makassar — Pizza Hut didirikan sekitar tahun 1958 oleh Carney Bersaudara, yaitu Frank Carney bersama adiknya Dan Carney pada 1958 di Wichita, Kansas, Amerika Serikat.

Mengandalkan naluri bisnis yang mereka miliki dan pinjaman modal dari ibunya, dua mahasiswa ini memulai usahanya dari pengalaman membantu ayah mereka.

Carney Bersaudara awalnya bekerja untuk ayah mereka di toko kelontong lokal. Frank bersama Dan Carney merupakan mahasiswa Wichita State University, Kansas, USA.

Frank bersama Dan Carney
Tahun 1958, Frank bersama Dan Carney Diawal Merintis Pizza Hut. Sumber: thehustle.co

Mereka memperoleh pemikiran kreatif membuka restoran pizza setelah membaca artikel di surat kabar Saturday Evening Post. Tentang berkembangnya popularitas makanan pizza kala itu.

Ketika tercetus ide membuat restoran, Carney Bersaudara berani meminjam uang sebesar US$ 600 ke ibu mereka. Digunakan untuk menyewa tempat dan membeli peralatan dapur.

Menarik untuk Anda:

Karena modal mereka cukup minim, mereka memutuskan membeli peralatan bekas.

Tempat yang disewa pun awalnya adalah sebuah bar kecil. Kemudian mereka ubah menjadi tempat usaha kuliner dengan nama Pizza Hut.

Toko pertama Pizza, tahun 1958 di Wichita.
Toko pertama Pizza, tahun 1958 di Wichita, Kansas, Amerika Serikat. Sumber: blog.pizzahut.com

Perjuangan dan Inovasi yang Tak Pernah Mati

Pada tahun 1977, Carney Bersaudara akhirnya menjual Pizza Hut kepada PepsiCo. Sang adik, Dan Carney kemudian menjadi kapitalis ventura dan terlibat dalam berbagai kegiatan amal. Sedangkan kakaknya, Frank masih mengurus bisnis pizza.

Tidak mudah bagi Carney Bersaudara mendapatkan hasilnya seperti saat ini, ada banyak kegagalan yang dilewati untuk tetap mempertahankan bisnisnya. Kunci hidup yang mereka berdua pegang adalah belajar dari kegagalan. Menjadikan kegagalan sebagai pengalaman untuk terus bertahan.

Iklan Pizza Hut tahun 1977, setelah Carney Bersaudara menjual Pizza Hut ke PepsiCo
Iklan Pizza Hut tahun 1977, setelah dijual ke PepsiCo. Sumber: Pinterest.

Mereka juga menyalurkan sebagian kekayaan mereka untuk beasiswa di Wichita State tempat mereka belajar dulu.

Pada tahun 1980, Pizza Hut memperkenalkan Pizza Hut Pan Pizza kepada seluruh Pizza Hut sistem. “Personal Pan Pizza” diperkenalkan pada tahun 1983. Mereka terus berinovasi untuk tetap mempertahankan bisnis kuliner tersebut.

Menu pertama Pizza Hut
Menu pertama Pizza Hut di Wichita, Kansas. Sumber: Twitter @darrenrovell

Dengan adanya inovasi sajian dan pelayanan yang nyaman serta ramah di tiap restoran, membuat Pizza Hut mampu bertahan hingga saat ini.

Kini Pizza Hut merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran di lebih dari 100 negara. Berawal dari bar kecil, kini mempekerjakan banyak sekali orang di seluruh dunia.

Museum Pizza Hut
Dan Carney, meresmikan toko pertama Pizza Hut yang kini dijadikan museum. Sumber: thesunflower.com

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Suka Masakan Jepang? Buruan ke Hana Restaurant MYKO, Makan Sepuasnya Hanya Rp98 Ribu

Hobi Nonton Drakor, Gadis Cantik Ini Buka Tenant Kuliner Korea di MARI Makassar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar