Pertama Kali, Sulawesi Barat Gelar Mandar Writer Cultural Forum 2019

Sastrawan andhika Mappasomba dari Sulsel dan Joni Ariadinata dari Jogjakarta tampak memberikan materi

Terkini.id,Mandar – Pertama kali, Majene Sulawesi Barat menggelar ajang temu penulis terbesar yakni Mandar Writer and Cultural Forum (MWCF) di Kota Majene, sejak 25  hingga 28 Oktober 2019 besok. Ajang ini dihadiri banyak penulis dari luar Mandar Sulawesi Barat.

Kegiatan ini merupakan ajang tahunan yang akan digelar secara berkelanjutan untuk mewadahi silaturahmi penulis dan promosi karya-karya sastra terbaru di Sulawesi Barat.

Ketua Panitia MWCF yang juga pengelola RUMPITA, Muhammad Munir, menjelaskan kegiatan ini diharapkan menumbuhkan semangat baru bagi penulis Mandar.

“Kami berharap akan lahir penulis-penulis muda yang bergairah mengeksplorasi kebudayaan Mandar,” tuturnya.

Lanjut Munir menyampaikan bahwa MWCF 2019 ini diharapkan dapat menjadi ruang komunikasi yang baik  antara penggiat literasi, penulis, dan seniman Mandar.

Sebelumnya, 2018 telah digelar, namun hanya diikuti sedikit peserta, sehingga Munir mengatakan MWCF tahun lalu itu barulah pra sekaligus untuk mencari bentuk MWCF yang ideal.

“Tahun ini lebih signifikan pesertanya, juga kualitasnya. Kami menghadirkan Sastrawan Joni Ariadinata, Andhika Mappasomba, Dimas Indiana Senja, dan Sastrawan Mandar di antaranya Mira Pasolong, Adi Arwan Alimin, Ahmad Akbar, Novelis Cilik dari Samarinda serta beberapa penulis Muda Mandar yang masih kuliah di beberapa kota. sebagainya,” jelas Munir ke terkini.id, Minggu 27 Oktober 2019.

Berbagai rangkaian acara MWCF ini. Beberapa kegiatan ikut dikerjasamakan dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Majene dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Barat. Selain temu penulis, MWCF juga menggelar seminar, workshop menulis, lomba puisi, lomba kunjung perpustakaan, dan pementasan karya sastra di kediaman penyair ternama Mandar, Almarhum Husni Jamaluddin.

Meski tidak lama, pendiri pustaka bergerak Indonesia, Nirwan Ahmad Arsuka tampak hadir pada acara Workshop Kepenulisan bersama Seniman Sukawesi Barat.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Sulbar

Gandeng Para Alumni PHY Gelar Reuni Akbar

Terkini.id -- Pondok Pesantren Syekh Hasan Yamani menggelar silaturahmi akbar bersama ratusan para alumni.Reuni akbar ini dirangkaikan dengan halal bi halal yang dipusatkan