Masuk

PKB Turut Bersuara Terkait Usulan Megawati Tak Ubah Nomor Urut Pemilu: Tidak Ada Terciderai dengan Model ini

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melalui Wakil Sekretaris Jenderal, Syaiful Huda menyatakan persetujuaannya terkait usulan ketua umum PDIP, Megawati Soerkarno Putri terkait tidak mengubah nomor urut peserta Pemilu 2024 mendatang.

Usulan ini dikarenakan mempertimbangkan anggaran yang akan dikeluarkan oleh partai jika saja nomor urut peserta Pemilu diubah. Menurutnya, jika hal ini dilakukan tidak ada yang akan terciderai dengan model ini.

Sehingga pada pesta demokrasi mendatang, diusulkan oleh Megawati dan PKB untuk tetap memakai nomort urut pada tahun 2019 lalu.

Baca Juga: Politikus PDIP Bocorkan Kisah Perseteruan Antara SBY dan Megawati

Dilansir Terkini.id di laman Suara.com pada, Sabtu 17 September 2022, Syaiful Huda mengatakan jika pengundian nomor urut partai itu hanya akan diperuntukkan bagi Partai Politik yang baru bergabung pada Pemilu.

“Sesuai dengan nomor urut pada pemilu 2019 saja juga dengan pemilu-pemilu selanjutnya. Pengundian nomor hanya diperuntukkan untuk parpol baru dalam peserta pemilu”, kata Syaiful Huda.

Mengubah nomor urut peserta pemilu kata Syaiful Huda, hanya akan membawa damoak negatif seperti anggaran yang ditanggung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena tingginya biaya politik yang harus ditanggung.

Baca Juga: Panda Nababan Ceritakan Pertemuan Tanpa Dialog Dengan SBY

Pembengkakan biaya itu dikarenakan harus mengubah alat peraga kampanye sehingga dalam hal ini solusinya yakni tidak mengubah nomor urut peserta Pemilu.

Dengan tetap mengikuti aturan nomor urut lama, maka ini juga diklaim akan memudahkan calon pemili menyalurkan aspirasi politiknya.

Syaiful Huda juga menyampaikan jika pada tahun 2019, KPU mengeluarkan dana sebesar Rp 2,5 Triliun untuk biaya publikasi dan sosialisasi.

“Kami rasa tidak ada yang tercederai dengan adanya model penetapan nomor urut seperti ini. Mengingat penetapan nomor urut partai politik akan jauh lebih besar jika dibandingkan harus berubah pada setiap pemilu”, kata Syaiful Huda.

Baca Juga: Soal Politik Identitas, PKB: Sedang Dibuat Pembusukan Kepada Anies Baswedan

Megawati Usul Tak Ubah Nomor Urut Peserta

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, sebelumnya memberikan usulan kepada KPU untuk tidak mengubah nomor urut peserta Pemilu 2024.

Dia meminta kepada KPU untuk tetap menyamakan nomor urut yang digunakan pada Pemilu 2019 dengan Pemilu yang akan diselenggarakan pada 2024 mendatang.

“Kami mengusulkan kepada KPU untuk melihat kembali karena ini mengikat pada masalah perundangan”, kata Megawati.