Masuk

Bikin Geger, PKB Terus Suarakan Penundaan Pemilu 2024 Meski Ditolak Presiden Jokowi

Komentar

Terkini.id, Jakarta- Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menyatakan sikap partainya yang terus menyuarakan penundaan Pemilu 2024, meskipun Presiden Jokowi dengan tegas menolak dan melarang wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden

Sebelum Jazilul Fawaid, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar merupakan salah satu elit politik yang sejak awal mendukung dengan getol wacana penundaan pemilu 2024. Meskipun, para mahasiswa telak melakukan aksi demo menolak penundaan pemilu. 

Bahkan berbagai survei mengatakan mayoritas masyarakat Indonesia tidak setuju dan menghendaki adannya wacana penundaan pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden

Baca Juga: Ibu Eliezer Minta Tolong ke Presiden: Tolong Bapak, Kami Merasa Tidak Ada Keadilan Untuk Icad

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah menegaskan sikap partainya menolak penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. 

“2024 sudah jelas. Presiden sudah jelas bahwa tidak ada penundaan,” kata Megawati dalam ‘Kick Off & Talkshow Pembentukan BRIDA’ yang ditayangkan akun YouTube BRIN Indonesia, Rabu 20 April 2022.

Menurut Megawati, isu penundaan pemilu tidak akan tejadi karena kondisi Indonesia sedang pontang-panting akibat pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Gubernur Sulsel Hadiri Rakornas, Presiden Jokowi Ingatkan Kebijakan Berbasis Data

“Apa nggak pontang-panting udah kena pandemi udah gitu dari sisi kepemerintahan segala macem hanya gara-gara sebuah keinginan penundaan yang sudah tegas-tegas dikatakan oleh presiden tidak ada penundaan. Kurang apa lagi?” sambung Megawati.

Pernyataan sikap tegas Megawati tersebut pun ditanggapi oleh Jazilul dengan homati. Dia mengatakan bahwa hal tersebut merupakan dinamika demokrasi di Indonesia. 

“Kami hormati sikap dan pandangan Ketum PDIP yang tentunya kita perhatikan bersama. ini bagian dari dinamika demokrasi hari ini,” kata Jazilul, dikutip dari Liputan 6, Kamis 21 April 2022.

Jazilul menegaskan sikap partainya, PKB akan tetap melanjutkan wacana penundaan pemilu. Dia menyebut penundaan pemilu merupakan sebuah solusi untuk memulihkan Indonesia dari dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Delapan Partai Parlemen Kompak Tolak Sistem Proporsional Tertutup

Namun izinkan dengan segala hormat PKB, khususnya saya pribadi untuk terus melanjutkan wacana Penundaan Pemilu,” ujarnya.

“Sebab penundaan dapat menjadi solusi bagi keadaan yang kurang baik akibat Covid-19 selama 2 tahun ini,” sambung wakil ketua MPR RI ini.