PMI Makassar: Kerja Gugus Tugas Covid-19 Tak Ada Artinya Jika Warga Tetap Keluar Rumah

PMI Makassar
Konfrensi Pers Online Gugus Tugas Covid-19 Makassar

Terkini.id, Makassar – PMI Kota Makassar kembali melaporkan progres kegiatan “giat PMI” dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kota Makassar.

Ketua PMI Kota Makassar Dr. Syamsu Rizal (Deng Ical) melaporkan bahwa relawan kemanusiaan telah menyentuh 1.602 titik di 153 kelurahan di seluruh Kota Makassar

Hal tersebut disampaikan Deng Ical dalam video conference bersama dengan wartawan di Posko Induk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Jalan Nikel Raya, Senin, 6 April 2020.

“Saat ini untuk penyemprotan disinfektan saja, kita sudah menangani 1.602 titik di 153 kelurahan dan masyarakat penerima manfaat 415.706 orang, ini sifatnya estimasi, dengan melibatkan kurang lebih 400-an relawan,” ungkap Deng Ical.

Deng Ical menyampaikan bahwa apapun yang dilakukan oleh gugus tugas Covid-19 tidak akan berarti, jika kesadaran masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar tidak dipatuhi.

Baca juga:

“Masyarakat jangan hanya sekedar menerima imbauan dari pihak berwenang, harus dipahami bahwa apapun yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini gugus tugas tanpa kesadaran masyarakat tidak mungkin bisa efektif memotong penyebaran Covid-19,” ujar Deng Ical.

Selain kesadaran masyarakat, Deng Ical juga berharap media untuk berpartisipasi aktif dalam mengedukasi semua elemen masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Media harus mempunyai model yang tepat untuk mengedukasi masyarakat, supaya masyarakat tidak salah sangka terhadap pemerintah mengenai berdiam diri di rumah, hari ini kita melihat Makassar seperti tidak terjadi apa-apa,” kata Deng Ical.

Lebih lanjut, Ketua Penanggulangan Covid-19 PMI Makassar Fauzi Andi Wawo, melaporkan secara rinci terkait upaya relawan yang telah dilakukan selama 2 pekan terakhir.

“Saat ini sudah ada 488 rumah ibadah telah disemprot, kantor pemerintah 122, terkait rumah pasien corona 375, sekolah dan kampus 303, fasilitas kesehatan 195, pasar traditonal 19, dan instansi yang lain ada 54,” ngkap Bang Uci, sapaan akrab Fauzi Andi Wawo.

Selain melakukan penyemprotan, PMI Makassar bersama dan FTI UMI, IDI Makassar, Pramuka Peduli, IPPI Makassar, Pemuda Hijrah, dan Yamaha Peduli terus memberikan edukasi kepada masyarakat dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Komentar

Rekomendasi

Pemkot Makassar Beri Stimulus Percepatan Ekonomi bagi Pengusaha

Perkumpulan Kontraktor Listrik Protes Keras Addendum Kontrak PLN Sulselrabar

Yusran Akui Makassar Belum Penuhi Kriteria Terapkan New Normal

Ajak Masyarakat Donor Darah, PMI Makassar: Kami Sudah Jalankan Protokol Kesehatan

KPK Apresiasi Langkah Pj Wali Kota Yusran Selamatkan Aset Negara

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar