PMI Siap Menjadi Garda Terdepan Jika Terjadi Bencana Kapan dan Dimana Saja

Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan usai melantik Ketua PMI Kota Makassar, H Syamsu Rijal beserta pengurus PMI masa bakti 2019-2024 di Aula Sipakatau, Kantor Walikota Makassar, Jumat 31 Januari 2020 sore kemarin.

Terkini.id, Gowa – Palang Merah Indonesia (PMI) harus siap menjadi garda terdepan jika terjadi bencana kapan saja dan dimana saja, karena tugas utama PMI berkecimpung di kemanusiaan.

Hal ini ditegaskan Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan usai melantik Ketua PMI Kota Makassar, H Syamsu Rijal beserta pengurus PMI masa bakti 2019-2024 di Aula Sipakatau, Kantor Walikota Makassar, Jumat 31 Januari 2020 sore kemarin.

“Organisasi ini adalah organisasi yang besar, organisasi yang mengurusi kemanusian dan orang-orang yang membutuhkan bantuan, sehingga saya harap PMI selalu berada di barisan terdepan jika saudara-saudara kita yang tertimpa bencana butuh uluran tangan,” katanya.

Dijelaskan Adnan, PMI bukanlah tempat untuk mencari keuntungan atau profit, tetapi organisasi ini adalah sebuah wadah mencari pahala.

“Mengurusi PMI merupakan panggilan hati nurani yang didasari dengan ketulusan dan keikhlasan karena di PMI ini kita akan mengurusi banyak persoalan kemanusiaan, kebencanaan, dan menolong sesama,” kata Bupati Gowa ini.

Baca juga:

Keterlibatan dalam berorganisasi ini, memberikan dua manfaat positif bagi pengurus yang berkecimpung di dalamnya.

“Kedua manfaat tersebut yakni, pertama, seluruh pengurus PMI otomatis rajin melakukan donor darah, yang diketahui bersama bahwa jika rutin melaksanakan donor darah maka tubuh akan lebih sehat, sebab darah yang disumbangkan akan diganti dengan darah baru. Kedua, saat menjalankan program kemanusiaan apalagi jika dilakukan dengan ikhlas maka akan menjadi sebuah amal jariyah,” jelas Adnan.

Sementara itu, Syamsul Rijal menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus PMI Sulsel sehingga pelantikan hari ini dapat berjalan dan terlaksana dengan baik.

“Sebenarnya tiga bulan yang lalu kami telah melakukan Musda, namun saat itu kami masih dalam suasana berduka di tinggal oleh orang yang kami sayangi Bapak H Ichsan Yasin Limpo, sehingga kami tiada daya untuk melakukan pelantikan, dan Alhamdulillah akhirnya hari ini dapat terlaksana,” ujarnya usai dilantik.

Selain itu, pihaknya ingin melaporkan bahwa, PMI Kota Makassar akan melakukan penandatangan MoU bersama empat lembaga pertama, Forum Makassarta, kedua kerjasama dengan Himpunan Pengembang Perusahaan (Hipera)Sulsel, kemudian kerjasama dengan Forum CSR Sulawesi Selatan, dan yang terakhir kerjasama dengan Jajaran Dokter Gigi dan Mulut.

“Kami berharap semoga kerjasama yang kami lakukan hari ini dapat bermanfaat bagi seluruh pengurus dalam menjalankan tugasnya di bidang kemanusiaan,” ujar Daeng Ical sapaan akrab Ketua PMI Makassar.

Di sela kegiatan juga dilaksanakan penyerahan penghargaan oleh Ketua PMI Sulsel kepada beberapa Lembaga Penggiat Sosial Kemanusian yaitu, Laporan Warga Makassar, Lembaga Cinta Kasih Makassar, Info Kejadian Kota Makassar, Info Kejadian Makassar Kota, Berita Aktual Seputar Makassar, Warung Berkah Makassar, Komunitas pejiwa sosial, dan Lintas Komunitas Kota Makassar, Komunitas Go food Counter, Komunitas Pahlawan Darah Makassar, dan Komunitas Makassar Peduli.

Penyerahan penghargaan ini disaksikan langsung oleh Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb serta Ketua Dewan Dewan Kehormatan PMI Kota Makassar, Ilham Arif Sirajuddin.

Komentar

Rekomendasi

Pasca PSBB, Pemkab Gowa Kembali Salurkan Sembako, Fokus Pengaduan Call Centre

Berakhir 17 Mei, Pemkab Gowa Tak Perpanjang PSBB, Alasannya?

Lagi, Pemkab Gowa Terima Bantuan Penanganan Covid-19

Pandemi Corona, Bupati Adnan Keliling Pos Pengamanan Bagi Vitamin ke Petugas

1.264 Warga Gowa Terdampak Corona Terima BST Tahap Pertama dari Kemensos

Rapid Test Massal Hari Kedua di Gowa, Ini Hasilnya

Baru Dilantik, Yusran Yusuf Rencanakan Rapid Test Massal di 4 Kecamatan

PSBB Hari Kesepuluh, Bupati Gowa, Kapolres dan Dandim Tinjau Dapur Umum

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar