Polisi Beberkan Kronologi Bom di Medan, Pelaku Sempat Ditegur Petugas Sebelum Beraksi

Polrestabes Medan
Pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan. (Foto: ist)

Terkini.id, Medan – Pelaku peledakan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan terekam lewat kamera CCTV. Dalam rekaman yang beredar di grup WhatsApp tersebut, tampak pelaku mengenakan jaket dan berjalan memakai tas ransel.

Dari rekaman CCTV, tampak pelaku meledakkan diri jauh dari kerumunan warga. Dia meledakkan bomnya di sekitar mobil yang terparkir.

Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu, 13 November 2019, sekitar pukul 08.45 WIB dan menewaskan satu orang yakni sang pelaku.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan menceritakan pelaku telah berada di Mapolres Medan beberapa menit sebelum ledakan terjadi.

“Pelaku sudah berkeliaran di luar Mapolrestabes Medan sekitar pukul 08.20 WIB. Saat itu, terduga pelaku menggunakan sebo atau penutup wajah dan jaket,” kata Tatan, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Rabu, 13 November 2019.

Menarik untuk Anda:

Tatan menceritakan bahwa sebelum meledakkan dirinya, pelaku sempat ditegur oleh salah seorang polisi lantaran gerak-geriknya yang mencurigakan.

“Sebab, selain menutup wajahnya dengan sebo dan mengenakan jaket, pelaku juga membawa tas ransel. Pelaku juga terlihat berdiri sendirian di depan Mapolrestabes Medan,” jelas Tatan.

“Oleh anggota diminta tolong dibuka jaket, tas. Saat diperiksa tasnya hanya berisi buku. Kemudian sebonya dibuka dan sempat terjatuh dan kemudian diambil lagi. Digeledah tidak ada benda mencurigakan,” sambungnya.

Saat ditegur petugas, kata Tatan, pelaku mengaku hendak membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Setelah itu, petugas tersebut berganti karena hendak persiapan serah terima pergantian petugas piket.

“Tak berselang lama, petugas membuka gerbang karena warga yang mengantre pembuatan SKCK sudah banyak. Pelaku pun masuk bersama warga lainnya,” ujarnya.

“Saat pelaku menuju gedung tempat pembuatan SKCK, petugas yang pertama menegur kembali menegur pelaku dan meminta agar jaketnya dibuka. Pelaku tak menggubris untuk membuka jaket dan berbaur dengan masyarakat,” lanjutnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Penampakan Jenazah Hendri yang Diduga Disiksa Polisi: Kepala Dibungkus Plastik, Ada Bekas Memar

Habis Manis Sepah Dibuang, Relawan Jokowi Kecewa Tersingkir dari Jabatan di BUMN

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar