Polisi Berhasil Tangkap Pelaku Curanmor di Jeneponto

Polres Jeneponto
Kapolres Jeneponto AKBP Yudha Kesit Dwijayanto pimpin konferensi pers pengungkapan kasus curanmor/Syarief

Terkini.id, Jeneponto – Tim pegasus bersama tim unit PPA Reskrim Polres Jeneponto yang dipimpin oleh Kasat Reskrim, Iptu Andri Kurniawan berhasil menangkap empat orang pelaku pencuri sepeda di Kabupaten Jeneponto.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolres Jeneponto AKBP Yudha Kesit  Dwijayanto dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Mapolres Jeneponto, jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, Kamis, 12 November 2020.

“Satuan Reskrim Polres Jeneponto telah mengamankan 4 orang terduga pelaku pencurian sepeda, yakni, masing-masing inisial AS (27),  RA (17), WA (17) dan AN (19). Mereka melakukan pencurian dengan menggunakan kunci T di beberapa lokasi di Jeneponto,” ungkap AKBP Yudha Kesit Dwijayanto.

Menurutnya, 4 orang yang diamankan tersebut berperang sebagai eksekutor.

“Keempat orang yang diamankan adalah eksekutor, sesuai hasil keterangan terduga pelaku, mereka berbagi tugas dengan saling berboncengan, saat akan melakukan aksinya satu orang yang mengambil motor lalu dibawa lari,” kata Yudha.

Menarik untuk Anda:

Lebih lanjut, AKBP Yudha Kesit Dwijayanto mengungkapkan, sebelum melakukan aksinya, terduga pelaku terlebih dahulu memantau dan menggambarkan lokasi serta merek motor yang menjadi sasaran.

“Sebelum beraksi terduga pelaku ini juga memantau aktivitas pihak keamanan, mereka memantau keberadaan petugas, lalu mereka melakukan aksinya,” terangnya.

Yudha mengatakan, dari pengungkapan sindikat curanmor itu, pihaknya mengamankan 10 unit motor sebagai barang bukti.

“Barang bukti yang diamankan yakni, 8 unit motor hasil curian dan 2 motor yang dipakai terduga pelaku dalam melakukan aksinya,” bebernya.

Terkait motif para pelaku melakukan pencurian, AKBP Yudha mengatakan karena faktor ekonomi.

“Dari pengakuan terduga pelaku, mereka melakukan aksinya karena terdesak kebutuhan ekonomi, sehingga hasil curianya itu dia jual perunit dan ada juga dia jual secara peritem,” pungkas Yudha.

Bukan hanya melakukan curanmor, menurut Kapolres Jeneponto AKBP Yudha Kesit Dwijayanto, terduga pelaku juga telah melakukan pembobolan toko.

“Sebelumnya juga mereka terlibat kasus pembobolan toko dan mengambil satu karung baju,” kata Yudha.

Terkait dengan ancaman hukumannya, Yudha mengatakan, terduga pelaku dijerat pasal 365 subsidir 362 KUHP,” ancaman hukumannya 5 tahun penjara,” imbuhnya.

AKBP Yudha juga mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengembangan,” terkait dengan penadanya atau yang lainnya sementara dalam pengembangan,” tutup Yudha.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Selama November 2020, Kasus Covid-19 di Jeneponto Bertambah 89 dan Sembuh 80 Orang

Bupati Jeneponto Terima LHP Pengelolaan Barang Milik Daerah Tahun 2019-2020 dari BPK

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar